Makalah Pergerakan (Actuating) Dakwah

           
Dalam penyelenggaraan dakwah, mutlak diperlukan penjalin hubungan (koordinasi) diantara satu dengan yang lain. Dengan adanya penjalin hubungan yang dilakukan oleh pimpinan terhadap para pelaksana, baik antara mereka yang berada dalam satu kesatuan, maupun dengan kesatuan yang lainnya, dapatlah dihindarkan kesimpangsiuran, kekacauan, kekembaran, kekosongan dan sebagainya. Kebijakan Nabi Muhammad SAW bahwa dalam setiap menghadapi masalah beliau senantiasa mengadakan permusyawaratan dengan para sahabatnya, disamping hal tersebut menunjukkan bahwa musyawarah adalah merupakan prinsip ajaran islam yang penting, yang juga sebagai sarana penjalinan hubungan antara Nabi SAW dengan para sahabatnya satu sama lain. Sehingga terpadulah potensi mereka dalam satu kesatuan dan kekuatan yang padu.
Pentingnya arti pemberian motivasi, pembimbingan dan koordinasi, dalam rangka proses penyelenggaraan dakwah. Selain itu diperlukan pula adanya saling pengertian diantara para pelaksana. Saling pengertian ini dapat diwujudkan, bilamana masing-masing mereka secara timbal balik senantiasa menyampaikan informasi, ide, keinginan dan sebagainya.
Islam merupakan agama dakwah, di mana di dalamnya terdapat usaha menyebarluaskan kebenaran ajaran yang diyakini berasal dari Tuhan, untuk disebarluaskan kepada semua manusia. Semangat menyebarluaskan kebenaran ini merupakan tugas suci dan wujud pengabdian kepada Tuhan. Dalam agama Islam melaksanakan dakwah (menegakkan amar ma’ruf nahi munkar) merupakan kewajiban semua umat Islam baik laki-laki maupun perempuan, baik dilakukan secara individu maupun berkelompok jami’ayah) yang terorganisir.
Dakwah adalah suatu tindakan mengajak suatu umat kejalan islam agar tewujud masyarakat yang dicita-citakan dalam dakwah tersebut, yaitu suatu masyarakat dan manusia Islam yang diridhai Allah SWT. Unsur manusia sangat menjadi sorotan dalam management, sebab management menghendaki untuk mencapai suatu melaui kegiatan manusia. Tidak mudah pemikirannya.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *