Makalah Peran dan kontribusi Masyarakat pesantren dalam Berbahasa dan bernegara

           
Dunia pesantren terus berkembang dari waktu ke waktu. Pada era reformasi, pondok pesantren mulai berbenah diri dan mendapatkan tempat dikalangan pergaulan internasional. Pendidikan pondok pesantren diakui oleh pemerintah menjadi bagian dari sistem pendidikan nasional. Pesantren diakui pemerintah sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai kesetaraan dalam hak dan kewajibannya dengan lembaga pendidikan formal dan lainnya.
Pesantren sebagai model lembaga pendidikan Islam pertama yang mendukung kelangsungan sistem pendidikan nasional, selama ini tidak diragukan lagi kontribusinya dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sekaligus mencetak kader-kader intelektual yang siap untuk mengapresiasikan potensi keilmuannya di masyarakat . Dalam perjalanan misi kependidikannya, pesantren mengalami banyak sekali hambatan yang sering kali membuat laju perjalanan ilmiah pesantren menjadi pasang surut.
Hal ini tidak terlepas dari peran dan ketokohan seorang Kyai sebagai pemegang otoritas utama dalam pengambilan setiap kebijakan pesantren. Sebagai seorang top leader, Kyai diharapkan mampu membawa pesantren untuk mencapai tujuannya dalam mentransformasikan nilai-nilai ilmiah (terutama ilmu keagamaan) terhadap umat (santri) sehingga nilai-nilai tersebut dapat mengilhami setiap kiprah santri dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Syarif

Leave a Reply

Your email address will not be published.