Makalah Bank Sentral

           
Dalam perekonomian modern setiap Negara memiliki bank sentral atau setidak-tidaknya ada salah satu bank atau lembaga yang bertindak dan menjalankan fungsi bank sentral. Bank sentral memiliki fungsi yang sangat penting dalam pengaturan ekonomi dan moneter yang dalam kegiatannya dapat bertindak sebagai agen pemerintah.
Bank sentral merupakan lembaga yang memiliki peran penting dalam perekonomian suatu bangsa, terutama di bidang moneter,keuangan, dan perbankan. Sehingga oleh karena itu bank sentral menjalankan tugasnya berdasarkan garis-garis pokok kebijaksanaan yang di tetapkan oleh pemerintah.
Bank sentral bertugas untuk melaksanakan fungsi-fungsi pemerintah dalam bidang ekonomi moneter, karena bank sentral adalah juga bagian dari pemerintah dan juga lembaga keuangan Negara yang mempunyai wewenang untuk mengeluarkan alat pembayaran yang sah, merumuskan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengontrol kelancaran system pembayaran, dan pengawasan perbankan, serta menjalankan fungsi sebagai “lender of the last resort”

 
 

 

Download Word

Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *