Makalah Pengertian Dan Perbedaan Zakat Fitrah Dan Zakat Maal

           
Zakat merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam yang digunakan untuk membantu masyarakat lain, menstabilkan ekonomi masyarakat dari kalangan bawah hingga kalangan atas, sehingga dengan adanya zakat umat Islam tidak ada yang tertindas karena zakat dapat menghilangkan jarak antara si kaya dan si miskin. Oleh karena itu, zakat sebagai salah satu instrumen negara dan juga sebuah tawaran solusi untuk menbangkitkan bangsa dari keterpurukan. Zakat juga sebuah ibadah mahdhah yang diwajibkan bagi orang-orang Islam, namun diperuntukan bagi kepentingan seluruh masyarakat.
Zakat merupakan suatu ibadah yang dipergunakan untuk kemaslahatan umat sehingga dengan adanya zakat (baik zakat fitrah maupun zakat maal) kita dapat mempererat tali silaturahmi dengan sesama umat Islam maupun dengan umat lain.
Zakat adalah rukun islam keempat yang wajib ditunaikan oleh semua manusia yang mengaku dirinya muslim. Zakat adalah ibadah yang dilakukan dengan memberikan sebagian harta yang dimiliki kepada para mustahiq atau orang yang berhak menerima zakat. Ada 2 jenis zakat yang diajarkan dalam Islam, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Apakah zakat fitrah dan zakat mal itu? Kapan kedua zakat itu dikeluarkan? Apa saja perbedaan zakat fitrah dan zakat mal jika dirunut dari hukum Islam?

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *