Makalah Aliran Perenialisme dan Progresivisme

          Aliran Perenialisme dan ProgresivismeA. Latar Belakang
Sejarah perkembangan filsafat pada umumnya dimulai dari mitologi yang berkembang di masyarakat Yunani Kuno. Sebelum filsafat berdiri dengan jati dirinya yang asli sebagai filsafat, mitos merupakan filsafat itu sendiri yang menurut penciptanya sama sekali bukan mitos, melainkan cara berpikir empiris, logis, dan realistis. Perkembangan filsafat mulai Yunani Kuno hingga zaman modern dan pasca-modernisme mengantarkan kita pada zaman kegemilangan pengetahuan bagi kehidupan manusia di dunia. Perkembangan tersebut sesungguhnya merupakan bagian dari terbentuknya filsafat pendidikan. Latar belakang setiap perkembangan mengisyaratkan bahwa pendidikan sangat penting untuk kehidupan umat manusia (Salahudin, Filsafat Pendidikan, 2011).
Filsafat pendidikan merupakan terapan dari filsafat umum. Filsafat pendidikan pada dasarnya menggunakan cara kerja filsafat dan akan menggunakan hasil – hasil dari filsafat, yaitu berupa hasil pemikiran manusia tentang realitas, pengetahuan dan nilai (Sadulloh, 2012).
Brubacher (1950) mengelompokkan filsafat pendidikan pada dua kelompok besar, yaitu filsafat pendidikan “progresif”,dan filsafat pragmatisme dari john dewey, dan romatik naturalism dari Rooesseau. Yang kedua, didasari oleh filsafat idealism, realisme humanism (humanisme rasional), dan supernaturalisme atau realisme religius. Filsafat – filsafat tersebut melahirkan filsafat pendidikan esensialisme, perenialisme, dan sebagainya. Melalui makalah ini, kami akan membahas mengenai Aliran Perenialisme dan Progresivisme dalam Filsafat Pendidikan.

B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana pemikiran menurut Aliran Perenialisme dan Progresivisme?
2. Apa tujuan Aliran Perenialisme dan Progresivisme?
3. Bagaimana kurikulum pendidikan menurut Aliran Perenialisme dan Progresivisme?
4. Bagaimana potret guru menurut Aliran Perenialisme dan Progresivisme?

C. Tujuan
1. Mengetahui Aliran Perenialisme dan Progresivisme
2. Mengetahui Aliran Perenialisme dan Progresivisme
3. Memahami Aliran Perenialisme dan Progresivisme
4. Mengetahui potret guru menurut Aliran Perenialisme dan Progresivisme

Download Word

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *