Makalah Modus, Mean Dan Median

           
Mendiskripsikan data melalui tabel frekuensi, gambar dan grafik. Tujuan utamanya adalah agar data yang disajikan tersebut lebih mudah dapat dipahami dan dimengerti. Akan tetapi penyajian data seperti itu bagi sebagian orang, seperti pelaku bisnis dan ekonomi, dan pengambil keputusan belumlah cukup. Untuk keperluan analisis misalnya, mereka perlu mengetahui lebih jauh. Mereka ingin mengetahui sebuah nilai yang dapat mewakili sekelompok atau serangkaian data statistik yang disebut nilai sentrala tau nilai pusat data, ukuran sentral data tersebut rata-rata hitung, median, dan modus. Selain ukuran nilai sentral utama
Mean, Modus, Median sama-sama merupakan ukuran pemusatan data yang termasuk kedalam analisis statistika deskriptif. Namun, ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam menerangkan suatu ukuran pemusatan data. Untuk tahu kegunaannya masing-masing dan kapan kita mempergunakannya, perlu diketahui terlebih dahulu pengertian analisis statistika deskriptif dan ukuran pemusatan data. Analisis Statistika deskriptif merupakan metode yang berkaitan dengan penyajian data sehingga memberikan informasi yang berguna. Upaya penyajian ini dimaksudkan untuk mengungkapkan informasi penting yang terdapat dalam data ke dalam berntuk yang lebih ringkas dan sederhana yang pada akhirnya mengarah pada keperluan adanya penjelasan dan penafsiran (Aunudin, 1989).
Deskripsi data yang dilakukan meliputi ukuran pemusatan dan penyebaran data. Ukuran pemusatan data meliputi nilai rata-rata (median), modus, dan median. Sedangkan ukuran penyebaran data meliputi ragam (variance) dan simpangan baku (standard deviation).

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *