Skripsi Strategi Produksi Dan Pemasaran Usaha Jamur Tiram Melalui Analisis Swot Di Tinjau Dari Ekonomi Islam

Skripsi Strategi Produksi Dan Pemasaran Usaha Jamur Tiram Melalui Analisis Swot Di Tinjau Dari Ekonomi Islam

Salam, Darus. 2021. Strategi Produksi Dan Pemasaran Usaha Jamur Tiram Melalui Analisis SWOT Di Tinjau Dari Ekonomi Islam. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembingbing I : Dr. Abdul Aziz Wahab, M.Ag. Pembimbing II : Zahida I’tisoma Billah, M.E.

Kata Kunci : Jamur Tiram, Strategi Produksi Dan Pemasaran
Jamur tiram merupakan salah satu tanaman yang saat ini banyak diminati dan dibudidayakan di Indonesia. Pada umumnya jamur hidup liar di hutan, kebun, ataupun pekarangan rumah, dari jamur yang saat ini sudah dikenal terdapat jamur yang bermanfaat bagi manusia dan jamur yang merugikan. Pada awal perkembangannya masyarakat hanya memanfaatkan jamur yang tumbuh liar untuk dikonsumsi. Namun, seiring meningkatnya permintaan terhadap jamur maka masyarakat sudah mulai membudidayakan jamur tersebut. Penelitian ini berjudul ’’ Strategi Produksi Dan Pemasaran Usaha Jamur Tiram Melalui Analisis SWOT Di Tinjau Dari Ekonomi Islam’’ dengan tujuan untuk mengetahui strategi produksi dan pemasaran produk jamur tiram di UD. Mahkota Jamur.
Tujuan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi produksi dan pemasaran usaha jamur tiram melalui analisis SWOT di Desa Pajarakan Kulon Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo dan 2) Bagaimana strategi produksi dan pemasaran usaha jamur tiram di Desa Pajarakan Kulon Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo di tinjau dari ekonomi islam
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tehnik pengumpulan data dilakuan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari generalisasi data primer di dapatkan melalui proses wawancara secara langsung kepada informan kunci (key informan) yang telah ditentukan. Dengan tehnik analisis data dilakukan secara bersamaan mulai dari proses reduksi data, penyajian data hingga pada verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Produksi dan Pemasaran Produk Jamur Tiram di UD. Mahkota Jamur memiliki fokus terhadap Produksi dan pemasaran produk jamur tiram yang dihasilkan mulai pada tingkat kualitas produk, harga dan lokasi pendistribusian. strategi ini diharapkan mampu mendorong pertumbahan usaha pada UD. Mahkota Jamur dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Download PDF

Download PDF

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *