Skripsi Upaya Pengembangan Bahasa Arab Dalam Memahami Kitab-Kitab Fiqih Di Pondok Pesantren Putri Zainul Hasan Genggong

Hasanah, Uswatun. 2021, Upaya Pengembangan Bahasa Arab Dalam Memahami Kitab-Kitab Fiqih Di Pondok Pesantren Putri Zainul Hasan Genggong. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Dr. Mamluatun Ni’mah, M.Pd. (II) Siti Maryam, M.Pd.I

Kata Kunci : Pengembangan, Bahasa Arab, Kitab-Kitab Fiqih

Dalam mempelajari Bahasa Arab tidak hanya teori saja, akan tetapi praktek juga diperlukan dalam mempelajarinya. Karena Santri tidak semua berasal dari Pondok Pesantren yang mempelajari Bahasa Arab, sehingga pengetahuan untuk mempelajari Bahasa Arab terhadap Santri masih kurang. Untuk memahami Kitab- kitab Fiqih seperti Kitab Fathul Qorib, Kitab Ta’lim Muta’allim, dan Kitab Safinatun Najah terhadap Santri perlu didukung dengan upaya Pondok dalam membenahi Pendidikan dan menggunakan metode-metode yang berkembang pada saat ini dengan melaksanakan proses pembelajaran khususnya pembelajaran Bahasa Arab dalam memahami Kitab-kitab Fiqih.
Adapun yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana upaya pengembangan Bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan berbahasa di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, (2) Untuk mengetahui faktor yang mendukung upaya pengembangan Bahasa Arab dalam memahami kitab-kitab fiqih di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong.
Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui: (1) interview (wawancara);
(2) observasi (pengamatan); (3) dokumentasi. Adapun analisis kualitatif, yakni data yang telah didapat, dideskripsikan atau digambarkan dengan kata-kata atau kalimat, kemudian di pisah-pisah menurut kategori masing-masing menggunakan (1) triangulasi; (2) meningkatkan ketekunan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) a) Terlaksananya program pengembangan Bahasa Arab dalam memahami Kitab-kitab Fiqih dapat bekerja sama antara Kepala dan Pengurus bagian Bahasa. b) Ustadzah mengajar Santri dengan menggunakan empat maharah yaitu : maharah istima’, maharah al-kitabah, maharah qiro’ah, dan maharah al-kalam. Dalam memahami Kitab-kitab Fiqih seperti Kitab Fathul Qorib, Ta’lim Muta’allim, dan Safinatun Najah dapat mempermudah Santri untuk belajar serta mengembangkan prestasi Santri ditingkat Kabupaten, Provinsi, maupun Nasional. (2) Faktor yang mendukung adalah: (a) adanya ketertarikan dan kemauan pada Santri untuk mengembangkan Bahasa Arab dalam memahami Kitab-kitab Fiqih, (b) fasilitas atau sarana prasarana sangat mendukung dalam terbentuknya suatu program pengembangan Bahasa Arab dalam memahami Kitab-kitab Fiqih, (c) motivasi dan dorongan dari orang tua terutama dari diri Santri, (d) metode yang digunakan oleh Ustadzah kepada Santri sangat membantu mereka dalam mempelajari dan mengembangkan Bahasa Arab dalam memahami Kitab-kitab Fiqih.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *