Skripsi Upaya Pemerintah Daerah Untuk Mempertahankan Pasar Tradisional Dalam Bersaing Dengan Pasar Modern Menurut Perspektif Ekonomi Islam

Rijal, Saipul. 2021, Upaya Pemerintah Daerah Untuk Mempertahankan Pasar Tradisional Dalam Bersaing Dengan Pasar Modern Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pasar Tradisional Wringin Kab. Bondowoso). Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Dr. Haqqul Yakin, M.ag. Pembimbing (II) Lutfi, M.E

Kata Kunci : Upaya Pemerintah Daerah Mempertahankan Pasar Tradisional.

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana Upaya Pemerintah daerah Untuk Mempertahankan Pasar Tradisional Dalam Bersaing Dengan Pasar Modern di pasar tradisional wringin dan Bagaimana Upaya Pemerintah daerah Untuk Mempertahankan Pasar Tradisional dalam Bersaing Dengan Pasar Modern telah sesuai dengan perspektif ekonomi islam. Untuk mencapai suatu tujuan, pendekatan yang digunakan disini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Yang mana pendekatan ini berdasarkan fakta dan alamiah.
Hasil penelitian ini menunjukkan Upaya Pemerintah Daerah Untuk Mempertahankan Pasar Tradisional Dalam Bersaing Dengan Pasar Modern Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pasar Tradisional Wringin Kab.Bondowoso) untuk meningkatkan minat pembeli datang berbelanja di pasar tradisional. Terkait dengan kebijakan Pemerintah Daerah kecamatan wringin khususnya kabupaten Bondowoso mengenai penataan pasar tradisional, maka dibuatlah produk hukum berupa Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2011 tentang Penataan Pengelolaan Pasar Tradisional dan Pasar Modern.
Keberadaan pasar tradisional sangat penting bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat di tingkat desa. Namun pada kenyataannya masih banyak keberadaan pasar tradisional masih sangat memprihatinkan. Penelitian ini akan melihat bagaimana peran pemerintah dalam pengembangan pasar tradisional di Kecamatan Wringin khususnya di Pasar tradisional Wringin Dengan menggambarkan dari semua indicator peran pemerintah daerah masih perlu berbagai perbaikan agar pengembangan pasar tradisional Wringin berjalan seperti yang diharapkan.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *