Skripsi Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Antusias Guru Dalam Membimbing Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Raudlatus Sholeh Kedung Sumur Pakuniran Probolinggo

Lindawati, Devi. 2021. Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Antusias Guru Dalam Membimbing Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs. Raudlatus Sholeh Kedung Sumur Pakuniran Probolinggo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo. Dosen Pembimbing (1) Dr. Abd. Aziz, M.Ag. (2) Drs. H. Moch. Misbahul, M.Pd.I.

Kata Kunci : Kepala Sekolah, Antusias, Guru, Covid-19

Kepala sekolah merupakan pemimpin suatu sekolah yang memiliki tanggung jawab terhadap keberlangsungan belajar mengajar dan bertanggung jawab untuk memotivasi guru dalam membimbing siswa terutama pada masa pandemi covid-19 seperti saat ini. Peran yang dimiliki kepala sekolah memang sangat kompleks, selain berperan mengalola sekolah supaya menjadi efektif dan efisien, kepala sekolah juga harus mampu meningkatkan kinerja guru karena peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran dapat tercapai apabila kepala sekolah sebagai pemimpin mampu memacu guru dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa di MTs. Raudlatus Sholeh Kedung Sumur Pakuniran Probolinggo. Dengan adanya strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam memotivasi guru dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan antusias guru dalam membimbing siswa pada masa pandemi dengan efektif dan efisien.0Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/ lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu wawancara, dan data sekunder yaitu berupa buku- buku dan dokumen.
Skripsi ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan merosotnya antusias guru dalam membimbing siswa pada masa pandemi covid-19 di MTs. Raudlatus Sholeh Kedung Sumur, Pakuniran, Probolinggo, 2) Mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan antusias guru dalam membimbing siswa pada masa pandemi covid-19 di MTs. Raudlatus Sholeh Kedung Sumur, Pakuniran, Probolinggo.
Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: yang menjadi faktor merosotnya antusias guru dalam membimbing siswa pada masa pandemi Covid-19 di MTs. Raudlatus Sholeh Kedung Sumur Pakuniran Probolinggo antara lain: adanya kebijakan mengenai system pembelajaran daring (dalam jaringan), dan adanya SKB 4 menteri yang menetapkan pembelajaran tatap muka terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan atau pembelajaran jarak jauh. Dari faktor diatas strategi kepala sekolah dalam meningkatkan antusias guru antara lain: dengan menjadi teladan yang baik bagi guru dan peserta didik, dengan memberikan motivasi, dengan memberikan fasilitas yang memadai dan sarana prasarana yang memadai yang mampu menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran, dengan mengontrol disiplin guru, memberikan supervise dan

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *