Skripsi Strategi Umkm Dalam Pemanfaatan Modal Dan Teknologi Untuk Keberlangsungan Usaha Di Desa Pajarakan Kulon

Zainal, Hasan. 2021. Strategi UMKM Dalam Pemanfaatan Modal & Teknologi Di Desa Pajarakan Kulon. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Imam Bukhori M.Pd,I Pembimbing (II) Abd Ghafur M.Ei

Kata Kunci : Fungsi Modal dan Teknologi, UMKM, Pendapatan

Dalam pengembangan ekonomi nasional, UMKM menjadi tulang punggung sistem ekonomi kerakyatan yang tidak hanya ditujukan mengurangi masalah kesenjangan antar golongan pendapatan dan antar pelaku usaha, ataupun pengentasan kemiskinan dan penyerapan tenaga kerja.
Pengembangan UMKM akan memperluas basis ekonomi dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempercepat struktual, yaitu meningkatkan perekonomian daerah dan ketahanan ekonomi nasional. Menurut Rosenfeld (2002), pembangunan usaha kecil merupakan pengerak pembangunan nasional. Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di upayakan agar dapat menjangkau dan merata sampai di daerah pedesaan.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami apa saja pemanfaatan fungsi modal dan teknologi untuk keberlangsungan usaha, pendekatan yang digunakan disini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Yang mana pendekatan ini berdasarkan fakta dan alamiah. Peneliti mengumpulkan data, menganalisis data dimana sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisa data yang digunakan adalh reduksi data, display, serta kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi dalam pemanfaatan modal dan teknologi yang dilakukan oleh masyarakat pelaku UMKM adalah memanfaatkna modal dengan maksimal, Meminimalisir belanja yang tidak penting, Memetakan antara modal usaha dengan keperluan pribadi. Sedangkan untuk pemanfaatan teknologi adalah dengan menggunakan aplikasi jual beli online, Aplikasi desain grafis, Pemanfaatan relasi, Pelayanan yang baik. Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi UMKM adalah sebagian besar dukungan dari teknologi yang ada saat ini, Sedangkan penghambatnya adalah tidak berani mengembangkan usahanya dengan alasan modal yang terbatas.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *