Skripsi Strategi Pemasaran Produk Pakaian Dengan Sistem Online Dan Offline Pada Toko Kiswah Muslim

Mutmainnah, Nafisatul. 2021, Strategi Pemasaran Produk Pakaian Dengan Sistem Online dan Offline Pada Toko Kiswah Muslim.Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) H. Imam Bukhori, M.Pd.I, Pembimbing (II) Abd. Ghafur, M.EI.

Kata Kunci :Strategi Pemasaran, Sistem Online, Sistem Offline

Strategi memasarkan produk semakin berkembang dan banyak ragamnya. Hal ini terbentuk seiring dengan berkembangnya sektor informasi dan teknologi. Para pemasar tidak hanya memasarkan produknya dengan menggunakan media- media konvensional, namun sudah berkembang pada penggunaan media-media modern dan interaktif yang semakin membuat strategi pemasaran tampil menarik dimata konsumen.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran dengan sistem onlinedan offline serta bagaimana keefektifan strategi pemasaran dengan sistem onlinedan offline pada toko kiswah muslim.
Penelitian ini menggunakan metode kualitataif, dengan jenis deskriptif data penelitian ini didapatkanmelalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pemilik toko kiswah muslim dan para konsumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Toko Kiswah Muslim menerapkan beberapa strategi pemasaran melalui bauran pemasaran (marketing mix) dalam penjualan sistem online maupun offline. Strategi pemasaran pada toko kiswah muslim yaitu yang pertama strategi pemasaran sistem online, seperti kelengkapan barang yang bevariasi dan menyediakan produk yang berkualitas, harga yang terjangkau dan distribusi melalui perantara, memanfaatkan sosial media sebagai media promosi. Sedangkan strategi pemasaran dengan sistem offline yaitu ready stock barang yang bervariasi dan mengupdate trend fashion terbaru, harga yang terjangkau sesuai karakteristik dan kebutuhan konsumen, melakukan promosi dan distribusi secara langsung (face to face). Strategi pemasaran dengan sistem online lebih efektif dibandingkan strategi pemasaran offline, karena jangkauannya lebih luas dan promosi yang dilakukan lebih maksimal, sehingga dapat diakses oleh pelanggan di berbagai wilayah. Sedangkan pemasaran secara offline, kurang efektif karena pembeli yang datang hanya di sekitar lokasi saja dan promosi yang dilakukan secara langsung sehingga kurang maksimal dibandingkan dengan sistem online.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *