Skripsi Strategi Pemasaran Pedagang Kue Dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Keluarga

Kusuma, Indah Purwati Ningrum. 2021, Strategi Pemasaran Pedagang Kue dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus di Pasar Wangkal Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo). Skripsi. Program Studi Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Zainul Hasan Genggong, Pembimbing (I) Ainol, M.Pd.I, Pembimbing (II) Nuruddin Armanto, M.E.I.

Kata Kunci: Strategi pemasaran, pendapatan ekonomi keluarga

Pada saat ini perkembangan bisnis terutama usaha kuliner semakin pesat, terutama dengan munculnya berbagai macam usaha kuliner baru seperti toko kue modern, usaha rumahan, ataupun usaha makanan yang serupa. Dan hal ini menyebabkan terjadinya persaingan usaha yang secara langsung memberikan dampak terhadap jumlah pendapatan yang diterima oleh pelaku usaha terutama pelaku usaha kecil yang sedang berupaya meningkatkan pendapatan ekonomi keluarganya. Dan untuk menghadapi persaingan tersebut maka para pelaku usaha harus mampu melakukan berbagai strategi pemasaran yang tepat agar dapat mencapai tujuannya. Salah satu usaha kecil yang mengalami masalah tersebut adalah para Pedagang Kue di Pasar Wangkal, mereka mengalami persaingan dengan adanya toko kue modern dan banyaknya usaha rumahan yang bermunculan, oleh karena itu mereka pada saat ini sedang berupaya melakukan berbagai strategi pemasaran agar mereka dapat tetap menjalankan usahanya, karena mereka memiliki tujuan yaitu meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan Pedagang Kue dalam meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga dan bagaimana kendala pemasaran yang dihadapi oleh Pedagang Kue dalam meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan Pedagang Kue di Pasar Wangkal sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku dan dokumen penelitian terdahulu. Dalam penelitian ini terdapat 3 orang yang menjadi objek serta narasumber yaitu Ibu Sri Muna, Ibu Nurul Latifa, dan Ibu Erna.
Hasil dari penelitian ini yaitu strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pedagang Kue di Pasar Wangkal adalah mempertahankan kualitas produk, melakukan promosi penjualan, menetapkan harga yang tidak terlalu tinggi, memilih lokasi yang strategis, dan memberikan pelayanan yang baik. Serta kendala yang dihadapi Pedagang Kue antara lain adalah kurangnya modal usaha, menurunnya pendapatan penjualan, dan adanya persaingan usaha

Download PDF

Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *