Skripsi Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Pemasang Iklan Perspektif Ekonomi Islam

Haris Romadan. 2021, Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Pemasang Iklan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Radio Angkasa Jaya Fm Probolinggo). Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Islam Zainul Hasan Geonggong. Pembimbing (I) Kustiana Arisanti, M.Pd.I (II) Abd. Ghafur, M.E.I

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Radio, Pemasang Iklan

Perkembangan media massa berjalan sangat pesat. Masyarakat sangat bergantung pada media massa sebagai salah satu kebutuhan penting untuk menyebarluaskan informasi. Radio merupakan salah satu media massa yang berfungsi untuk menyampaikan informasi melalui suara. Perkembangan teknologi yang semakin canggih menyebabkan semakin ketatnya persaingan akan media informasi yang semakin beragam. Hal tersebut dapat menyebabkan tergesernya eksistansi radio yang berdampak pada kurangnya minat para pengiklan untuk mengiklankan produk mereka di radio.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh radio Angkasa Jaya FM Probolinggo dalam menarik minat pemasangan iklan dan Apakah strategi pemasaran yang diterapkan oleh radio Angkasa Jaya FM Probolinggo sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kasus (study kasus) dengan menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif deskriptif melalui tekni pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik deskriptif. Data yang didapatkan akan dianalisis dan dikelompokkan berdasarkan permasalahan pengamatan yang ada.Hasil pengamatan dan pembahasan menunjukkan bahwa Radio ini menerapkan strategi pemasaran yang dilakukan guna memenuhi permintaan pasar dan membuat segmen pasar lebih terorganisir sehingga dapat menjaga eksitensi radio. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa pada tahun 2014 hingga tahun 2020 hanya pemasang iklan skala nasional yang mengalami rata-rata penurunan. Sedangkan untuk pemasang iklan lokal masih mengalami rata-rata kenaikan setiap tahunnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pemasaran yang diterapkan oleh Radio Angkasa Jaya FM meliputi Events and Experiences (Acara Khusus dan Pengalaman), Direct Marketing (Pemasaran Langsung), Interactive Marketing (Pemasaran Interaktif), dan Personal Selling (Penjualan Pribadi). Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Radio Angkasa Jaya FM Probolinggo telah sesuai dengan perspektif Islam dimana keseluruhan prosesnya dilakukan sesuai dengan akad dan prinsip dalam Islam seperti tanpa adanya penipuan, propaganda, iklan palsu, kecurangan, kebohongan dan tidak menepati janji yang telah disepakati sebelumnya.

Download PDF

Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *