Skripsi Strategi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Mts Zainul Anwar Alassumur Kulon Kraksaan Probolinggo

Fitriyah, Syawatul. 2021. Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MTs Zainul Anwar Alassumur Kulon Kraksaan Probolinggo.
Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Dr. Ahmad Fauzi, M. Pd (II) Nur Hayati, M.Pd.

Kata Kunci : Mutu Pendidikan Madrasah, Strategi Kepala Sekolah

Mutu pendidikan adalah ukuran segala sesuatu yang ada dan terjadi di sekeliling proses pendidikan berlangsung. Mutu pendidikan dapat ditingkatkan melalui strategi tertentu yang diterapkan oleh sekolah. Dalam dunia pendidikan, strategi yang dimaksud adalah berbagai upaya yang diterapkan agar prinsip- prinsip manajemen pendidikan dapat direalisir secara menyeluruh.
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana strategi kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Zainul Anwar Alassumur Kulon, bagaimana faktor pendukung strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Zainul Anwar Alassumur Kulon dan bagaimana hambatan yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Zainul Anwar Alassumur Kulon.
Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis dskriptif. Penelitian menggunakan beberapa sumber data diantaranya kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan guru pendidik madrasah. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Adapun hasil dari penelitian ini diantaranya: Pertama, strategi yang digunakan kepala madrasah diantaranya pembentukan organisasi, meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan guru professional, peningkatan pelayanan akademik, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan serta melakukan promosi. Kedua, beberapa faktor yang mendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah yaitu: faktor tenaga pendidik, faktor siswa, faktor biaya, faktor kurikulum dan faktor sarana prasarana. Ketiga, terdapat dua faktor penghambat yang dihadapi kepala madarasah dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah yaitu faktor dana dan faktor seleksi peserta didik.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *