Skripsi Srategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Batik Ronggo Mukti Kraksaan Probolinggo

Levi, Riskiyah. 2021, Strategi Promosi Dalam Meningkatan Volume Penjualan Pada BatiRonggo K raksaan Probolinggo .
Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Dr. Haqqul Yaqin, M.Ag (II) Abd. Ghafur, M.E.I. .

Kata Kunci: Strategi, Promosi, Peningkatan Volume Penjualan.

Batik Ronggo Mukti merupakan salah satu industri Batik yang ada di Kraksaan Probolinggo yang perlu strategi promosi untuk meningkatkan volume penjualan, promosi yang dilakukan Batik Ronggo Mukti baik, Namun perlu menambah beberapa promosi yang lebih baik untuk meningkatkan volume penjualan. promosi merupakan salah satu determinan yang paling penting dalam pemasaran.
Yang menjadi rumusan masalah disini bagaimana strategi promosi dalam meningkatkan volume penjualan dan bagaimana faktor pendukung dan penghambatnya dalam meningkatkan volume penjualan di Batik Ronggo Mukti. Tujuannya Untuk Mengetahui Strategi Promosi dalam meningkatkan volume penjualan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan volume penjualan di Batik Ronggo Mukti.
Untuk menjawab permasalahan tersebut digunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif berkaitan dengan hal ini, hasil penelitian yang peneliti temukan menunjukan bahwa strategi promosi dalam meningkatkan volume penjualan.
Strategi yang diterapkan terdapat tiga promosi, yaitu: a) periklanan (advertising) yaitu promosi menggunakan media sosial seperti, facebook, Instagram dan Whatsaap, yaitu dengan memposting gambar produk dan disertakan caption di sosial media sehingga konsumen tertarik untuk membeli, b) Publisitas (publicity) promosi ini menggunakan pameran yaitu dengan mengadakan pameran dan memberi penjelasan tentang produk yang dipamerkan sehingga konsumen tertarki, c) Promosi Penjualan (sales promotion) promosi ini dengan memberikan diskon atau potongan harga dan memberikan kupon undian kepada konsumen untuk menarik minat konsumen. Sehingga Promosi yang diterapkan Batik Ronggo Mukti dapat meningkatkan volume penjualan. Factor pendukung promosi adalah : a) dukungan dari pemerintah, b) mendatangkan desaigner-desaigner ternama dan factor penghambat promosi, yaitu: a) Pandemi covid 19, b) Modal terbatas, c) Bahan baku dan pewarnaan yang kurang.
Maka dapat disimpulkan strategi promosi dalam meningkatkan volume penjualan di Batik Ronggo Mukti, yaitu: a) periklanan, b) publisitas (Publicity), c) promosi penjualan (sales promotion). Faktor pendukung dan penghambatnya, yaitu:
a) pandemi covid 19, b) modal terbatas, c) bahan baku terbatas.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *