Skripsi Sistem Kerjasama Pengelolaan Lahan Pertanian Di Desa Sambirampak Kidul Kotaanyar Probolinggo

Novalia, Rike Nava. 2021, Kerjasama Pengelolaan Lahan Pertanian Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Desa Sambirampak Kidul Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo). Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Kustiana Arisanti, M.Pd.I, Pembimbing (II) Tri Nadhirotul Roifah, M.E

Kata Kunci : Kerjasama, Perspektif Ekonomi Islam

Kerjasama adalah kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama antara pemilik lahan dan petani penggarap. Pada dasarnya pemilik lahan dan petani penggarap dalam pertanian mempunyai tujuan yang sama yakni kesejahteraan dalam ekonomi.Masyarakat desa sambirampak kidul merupakan masyarakat yang mayoritas mengandalkan pendapatan dari hasil pertanian. Karena semakin sedikitnya lahan yang tersedia, mayoritas petani menggarap lahan petani orang lain yang biasa dikenal dengan istilah (paroan).
Penelitian ini bertujuan untuk memahami tentang bagaimana pelaksanaan kerjasama pengelolaan lahan pertanian di desa Sambirampak Kidul Kecamatan Kotaanyar Kabupaten probolinggo dan bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap pelaksanaankerjasama pengelolaan lahan pertanian, untuk mengetahui kerjasama dalam islam dan untuk mendapatkan gelar sarjana dalam disiplin ilmu ekonomi syariah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian langsung ke lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa cara diantaranya adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkkan hasil penelitian tersebut sistem pelaksanaan kerjasama pengelolaan lahan pertanian, bahwa kerjasama lahan pertanian di Desa Sambirampak Kidul sudah sesuai dengan perspektif ekonomi islam, dilihat dari rukun dan syarat akad muzara’ah dan mukhabarah.

Download PDF

Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *