Skripsi Produksi Batu Bata Untuk Meningkatkan Kesejahteraan (Tinjauan Ekonomi Islam)

Umi, Mahtum. 2021, Produksi Batu Bata Untuk Meningkatkan Kesejahteraan (Tinjauan Ekonomi Islam). (Studi Di Desa Gunung Geni). Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Zainul Hasan Genggong. Pembinmbing (I) Kustiana Arisanti, M.P.d.I, Pembimbing (II) Tri Nadhirotur Roifah, M.E.

Kata Kunci : Sistem Kerja, Kerusakan lingkungan

Di Desa Gunung Geni merupakan banyaknya produksi batu bata dikarenakan mudahnya bahan baku utama yaitu tanah liat membuat warga berkeingin untuk membuka usaha produksi batu bata karna juga bisa membuat peluang pekerjaan bagi yang pengangguran meskipun upah yang di dapatkan tidak seberapa.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana sistem kerja pada usaha produksi batu bata di Desa Gunung Geni dan bagaimana dampak lingkungan dengan adanya usaha produksi batu bata di Desa Gunung Geni.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Yaitu dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknis deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bagaimana sistem kerja pada usaha produksi batu bata Desa Gunung Geni yaitu masih dilakukan dengan cara sederhana (mengandalkan tenaga kerja manusia). Usaha batu bata yang memberikan dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah sebagai penyerapan tenaga kerja dan sumber mata pencaharian warga meningkat. Sedangkan dampak negatifnya berdampak terhadap kerusakan lingkungan fisik yang meliputi banyaknya lubang bekas galian, merusak kualitas dan kuantitas tanah, menurunnya kualitas air, pencemaran udara Sehingga kerusakan lingkungan akibat usaha produksi batu bata di Desa Gunung Geni.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *