Skripsi Problematika Pelayanan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Efektifitas Belajar (Studi Kasus) Di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Probolinggo

Amaliyah, Babun,. 2021, Problematika Pelayanan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Efektifitas Belajar (Study Kasus ) Di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Drs. H. Mustofa,MM.,M.Pd, (II) Herwati, M.Pd.I

Kata Kunci : Perpustakaan, Pelayanan, Efektifitas

Perpustakaan merupakan tempat bahan koleksi berupa buku atau non buku yang diambil manfaatnya oleh pengguna. Perpustakaan merupakan jantungnya dunia pendidikan, terutama perguruan tinggi baik umum maupun perguruan tinggi khusus, demikian halnya dengan perpustakaan sebagai jantungnya perguruan tinggi, pada intinya ketika jantung berhenti berdetak pasti perguruan tinggi jenis apapun akan mati dalam melaksanakan menjalankan tridarma perguruan tinggi, atau paling tidak ketercapaian dari tujuan dari visi dan misi perguruan tinggi tersebut akan terganggu.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah Bagaimana problematika pelayanan di perpustakaan universitas islam zainul hasan genggong apa saja factor pendukung pelayanan perpustakaan, apa saja factor penghambat pelayanan perpustakaan. Metode yang digunakan dalam peneltian ini ialah metode kualitatif deskriptif, studi kasus. Hasil dari penelitian ini ialah di perpustakaan di universitas islam zainul hasan genggong mempunyai problematika yang mana problematika tersebut dapat menjadi penghambat pelayanan perpustakaan dari segi pelayanan sirkulasi dari segi peminjaman, pengembalian buku dan daftar kunjungan di perpustakaan yang masih manual. Problem koleksi buku yang dibutuhkan mahasiswa kurang, fasilitas cctv tidak berfungsi , jam operasional kurang efektif. faktor pendukung pelayanan perpustakaan ialah dari segi fasilitas perpustakaan sudah baik, dan sudah ada peningkatan. System imput buku sudah online, sudah tersedia wifi, akan diadakan koesioner kepuasan mahasiswa terhadap perpustakaan/pelayanan perpustakaan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa pelayanan perpustakaan merupakan pelayanan yang perlu diperhatikan dalam perpustakaan.khususnya perpustakaan perguruan tinggi,. baik problem ataupun penghambat pelayanan.
Saran Hendaknya lebih berusaha untuk meningkatkan pelayanan dari segi koleksi buku yang dibutuhkan mahasiswa untuk proses belajar mahasiswa kedepannya. Hendaknya perpustakaan dapat menyediakan alat cctv untuk memantau kegiatan mahasiswa dalam perpustakaan. Diharapkan perpustakaan dapat segera menjadi perpustakaan yang sistemnya sudah tidak manual lagi. koleksi buku yang sesuai kebutuhan mahasiswa.dosen
Hendaknya perpustakaan lebih meningkatkan jam operasional masuk perpustakaan agar lebih efektif dan hendaknya mahasiswa lebih bertanggung jawab terhadap buku yang dipinjam guna dalam menjaga koleksi buku perpustakaan.

Download PDF

Download PDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *