Skripsi Peranan Orang Tua Dalam Membina Kecerdasan Spiritual Anak Dalam Keluarga Di Mts Bahjatul Ulum Kecamatan Tegal Siwalan Kabupaten Probolinggo Tapel 2020/2021

Fuad, Thoilul. 2021. Peranan Orang Tua Dalam Membina Kecerdasan Spiritual Anak Dalam Keluarga Di MTs Bahjatul Ulum Kecamatan Tegal Siwalan Kabupaten Probolinggo Tapel 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) H. Abdul Hamid, M.Pd.I (II) Ahmad Humaidi, M.Pd.I

Kata Kunci :Orang tua, Membina, Kecerdasan Spiritual

Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan jiwa yang berfungsi sebagai penyeimbang dalam menjalani kehidupan, kecerdasan spiritual itu sangat penting dalam kehidupan apalagi dalam dunia pendidikan. Namun bila di perhatikan di zaman sekarang ini di zaman yang selalu berubah dan dimana teknologi seakan menjadi dewa yang bisa membawa manusia kemanapun mereka mau, yang telah banyak membutakan manusia sehingga mereka mengenyampingkan agama bahkan lupa pada hakikatnya untuk apa mereka di ciptakan maka hal ini yang membuat peneliti ingin mengetahui hal apa yang seharusnya dilakukan untuk menanggulangi permasalahan-permasalahan ini. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana membina kecerdasan spiritual anak dalam keluarga adapun tujuannya adalah untuk mengungkapkan cara-cara yang dapat dilakukan atau solusi orang tua dalam membina kecerdasan spiritual, sedangkan kegunaan pembahasan ini adalah sebagai acuan bagi orang tua, pendidik, pemerhati,dan penanggung jawab pendidik, penanggug jawab pendidikan pada umumnya dalam upaya menanamkan kecerdasan spiritual terhadap anak.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.dalam pengumpulan data digunakan teknik pursive sampling, yaitu memilih orang yang di anggap mempunyai pengetahuan terhadap objek yang di teliti. Sumber data atau imforman lainnya. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, metode wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data kualitatif di lakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, (verification), kesimpulan di ambil dengan cara berfikir induktif, yaitu berangkat dari fakta khusus kemudian di tarik kesimpulan yang bersifat umum.
Dari analisis data di temukan bahwa terdapat hal-hal yang menyebabkan peranan orang tua dalam membina kecerdasan spiritual anak bahwa sebenarnya sudah di laksanakan dengan baik namun hasilnya belum optimal hal ini di karenakan kesibukan- kesibukan yang dilakukan oleh orang tua dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga, minimnya tingkat pendidikan dan wawasan pemahaman orang tua dalam hal pembinaan kecerdasan spiritual anak dan adanya pengaruh lingkungan masyarakat yang kurang baik.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *