Skripsi Peran Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Ma Zainul Anwar Alassumur Kulon Kraksaan Probolinggo

Andriani, Novi Sri. 2021, Peran Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Zainul Anwar Alassumur Kulon.
Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Kraksaan. Pembimbing (I) Dr. Mamluatun Ni’mah, M.Pd. Pembimbing (II) Fuad Badruddin M.Pd

Kata Kunci : Tenaga Pendidik, Mutu Pendidikan

Penelitian ini mendeskripsikan tentang peran tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan yang baik ada banyak faktor pendukung yang harus menunjang dalam meningkatkan mutu pendidikan. Salah satunya adalah peran tenaga pendidik. Tenaga pendidik sangatlah berperan penting karena perkembangan peserta didik sangat tergantung pada peran tenaga pendidik. Pendidikan menduduki tempat yang sangat yang penting sebagai pembentuk moral bagi penentuan tujuan hidup manusia. Berdasarkan pancasila dan undang-undang 1945 yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu cakap, kreatif dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti tentang bagaimana peran tenaga pendidik dan mutu pendidikan di MA Zainul Anwar.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Data-data yang terkumpul diperoleh dengan menggunakan beberapa metode pengumpulan data, yaitu: (1) metode observasi, (2) metode wawancara, dan (3) metode dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dan terkumpul dari kegiatan lapangan dan analisis secara kulalitatif dengan teknik pengelompokan data, selanjutnya diambil kesimpulan. Usaha pengelompokan data sampai pengambilan kesimpulan, dilakukan dengan meringkas data pada penelitian ini dengan menggunakana deskriftif analisis yaitu dengan cara memadukan data-data yang jitu dengan berfikir deduksi dan induksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran tenaga pendidik di MA Zainul Anwar tidak hanya berperan sebatas mengajar atau mentransfer ilmu, tetapi juga harus melatih dan mendidik serta memberi dan menanamkan karakter terhadap peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwaselain kepala sekolah, tenaga pendidik merupakan sumber daya manusia yang paling utama dalam meningkatkan suatu mutu pendidikan di sebuah lembaga.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *