Skripsi Peran Kepalasekolah Dalam Mengembangkan Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Smp Islam Ar-Rofi’iyyah Semampir Kraksaan Probolinggo

Hasanah FaiqohMauliah. 2021 Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Metode Pembelajaran Kitab Kuning di SMP Islam Ar-Rofi’iyyah Semampir Kraksaan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, UNZAH Genggong, Pembimbing I: Ahmad Fauzi, M.Pd.i dan Pembimbing II:

Kata Kunci: Peran, Kepala Sekolah, Mengembangkan Metode, Pembelajaran Kitab Kuning.

SMP Islam Ar-Rofi’iyyahSemampir Kraksaan adalah lembaga pendidikan formal yang berada dibawah naungan yayasan pesantren Ar-Rofi’iyyah. berhubungan dengan lembaga tersebut menggunakan Kurikulum 13 (K-13) maka ini menjadi kesempatan bagi peneliti untuk meneliti di SMP Islam Ar-Rofi’iyyah Semampir Kraksaan tersebut. Alasan peneliti memilih Kitab Kuning yaitu karena Kitab Kuning sendiri telah lama menduduki posisi yang penting diantara berbagai mata pelajaran yang diajarkan diberbagai tingkat pendidikan madrasah. Di kelas bawah dan menengah tingkat madrasah Tsanawiyah, akan dipelajari sebagai mata pelajaran tersendiri sambil membentuk diri sebagai bagian dari ilmu agama. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan satuan pendidikan dalam pengembangan kitab kuning di SMP Islam Ar-Rofi’iyyah Semampir Kraksaan dan apa faktor pendukung dan penghambat untuk peran kepala sekolah dalam mengembangkan metode pembelajaran kitab kuning di SMP Islam Ar-Rofi’iyyah Semampir Kraksaan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, untuk memperoleh data, digunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam mengembangkan metode pembelajaran kitab kuning di SMP Islam Ar-Rofi’iyyah Semampir Kraksaan dikembangkan dalam proses pembelajaran yakni : a) persiapan pelaksanaan pembelajaran b) pelaksanaan pembelajaran c) evaluasi hasil belajar. Sedangkan faktor pendukung untuk peran kepala sekolah dalam mengembangkan metode pembelajaran kitab kuning meliputi sarana prasarana pembelajaran di SMP Islam Ar-Rofi’iyyah Semampir Kraksaan secara kuantitas maupun kualitas sudah cukup memadai, adanya program-program sekolah dalam rangka pengembangan kitab kuning yang sudah lumayan aktif di lembaga, mengenai konsep-konsep dasar terhadap peran kepala sekolah dalam mengembangkan metode pembelajaran kitab kuning, adanya tim penguji dalam ahli kitab kuning, setiap satu bulan sekali dilakukan evaluasi yang dikemas dalam briefing atau rapat yayasan, adanya system penelitian kinerja terhadap guru dan siswa dengan menerapkan reward (penghargaan) serta punishment (hukuman). Sedangkan faktor penghambat untuk peran kepala sekolah dalam mengembangkan metode pembelajaran kitab kuning di SMP Islam Ar-Rofi’iyyah Semampir Kraksaan antara lain: kurangnya local sekolah, banyaknya guru-guru

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *