Skripsi Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Meningkatkan Pembelajaran Ditengah Pandemi Covid-19 Di Mts Miftahul Ulum Seneng Krucil Probolinggo

Andi Arifin, 2020. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pembelajaran ditengah Pandemi Covid-19 di Mts Miftahul Ulum Seneng Krucil Probolinggo. Skripsi, Kraksaan, Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Universitah Zainul Hasan Genggong Pembimbing I Kustiana Arisanti, M.Pd.I dan Pembimbing II Ahmad Khumaidi, M.Pd.I.

Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Miftahul Ulum Seneng . Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1) Apakah pelaksanaan Pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Mts Miftahul Ulum terbukti efektif? 2) Apa kelebihan dan kekurangan Pembelajaran pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Miftahul Ulum 3) Bidang apa saja yang perlu diperbaiki agar pelaksanaan Pembelajaran berjalan dengan lebih baik?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah guru kelas dan Kepala MTs Miftahul Ulum Seneng . Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif model interaktif dari Milles dan Michael Huberman yang terdiri dari tiga jalur kegiatan bersamaan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan Pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Mts Miftahul Ulum sudah Efektif 2) Kelebihan Pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas II A adalah waktu belajar fleksibel, siswa lebih dekat dengan orang tua, siswa tidak bergantung pada guru dan melatih kepercayaan diri siswa. Sedangkan kekurangan pelaksanaan Pembelajaran adalah guru tidak dapat berinteraksi langsung dengan siswa, serta tidak stabilnya jaringan internet. 3) Bidang yang diperbaiki agar Pembelajaran berjalan lebih baik adalah penggunaan media pembelajaran yang lebih menarik seperti video animasi, sslide show power point

Download PDF

Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *