Skripsi Peran Guru Pai Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di Mts Roudlotut Tholibin Kademangan Probolinggo Tahun 2020/2021

Sari, Marliana Novita. 2021. Peran Guru PAI Sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di Madrasah Tsanawiyah Roudlotut Tholibin Tahun 2020/2021. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I)
H. Abdul Hamid, M.Pd.I (II) Ahmad Humaidi, M.Pd.I

Kata Kunci : Guru PAI, Motivator, Kecerdasan Spiritual

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kecerdasan spiritual belum terlalu diperhatikan oleh pendidik dan orang tua karna lebih mengutakan prestasi belajar berupa nilai rapor yang bagus atau intelektualnya saja. Selain pendidikan informal dari keluarga, pendidikan formal oleh pendidik atau guru juga memiliki peran dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Sebagai seorang guru PAI yang memiliki peran sebagai motivator diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan spiritual siswa.
Berdasarkan kenyataan lapangan di MTs Roudlotut Tholibin, tidak sedikit ditemukan pelanggaran moralitas, misalnya pencurian di lingkungan sekolah, menyalah gunakan obat-obat terlarang, bolos sekolah, bolos sholat zhuhur, dan merokok. Ini berarti, penanaman nilai-nilai spiritual belum berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil laporan yang terjadi di lapangan masih ada sebagian siswa yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Oleh karena itu, peneliti ingin melihat seperti apakah kecerdasan spiritual siswa MTs Roudlotut Tholibin.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kecerdasan spiritual siswa di MTs Roudlotut Tholibin? (2) Bagaimana cara guru dalam memotivasi siswa untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di MTs Roudlotut Tholibin? (3) Apa saja factor penghambat dan pendukung guru sebagai motivator dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di MTs Roudlotut Tholibin? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah : (1) Untuk mengetahui kecerdasan spiritual siswa di MTs Roudlotut Tholibin. (2) Untuk mengetahui cara guru dalam memotivasi siswa untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di MTs Roudlotut Tholibin. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru sebagai motivator dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di MTs Roudlotut Tholibin.
Skripsi ini sangat bermanfaat bagi sekolah dan masyarakat pada umumnya. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi guru agar tercapai keberhasilan proses belajar mengajar yang sesuai dengan harapan serta dapat membantu dalam peningkatan kecerdasan spiritual anak. Bagi para pembaca Hasil penelitian ini dapat menambah wacana keilmuan terkait dengan peran guru PAI sebagai motivator dalam meningkatkan kecerdasan spiritual anak.
Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. lalu dianalisis menggunakan teknik analisis data oleh Sieddel yaitu dengan mencatan hasil lapangan, mengumpulkan dan memilah data

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *