Skripsi Peran Guru Dalam Meningkatka Minat Belajar Siswa Melalui Metode Guling (Guru Keliling) di Masa Pandemi Covid-19 Di Mi Miftahul Huda Liprak Kidul Banyuanyar Probolinggo

Yasari, Elyka. 2021, Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Guling (Guru Keliling) di Masa Pandemi Covid-19 di Mi Miftahul Huda Liprak Kidul Banyuanyar Probolinggo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas islaman Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Dr. Ahmad Fauzi, M.Pd.(II) Herwati M. Pd.I

Kata Kunci : Peran Guru, Minat Belajar, Guling (Guru Keliling)

Pentingnya minat dalam belajar bagi siswa merujuk kepada peran guru dalam meningkatkan minat belajar yang turut mempengaruhi keberhasilan siswa. Dengan adanya minat dalam diri siswa maka akan timbul kegiatan belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Guling (Guru Keliling) di Masa Pandemi Covid-19 di Mi Miftahul Huda Liprak Kidul Banyuanyar Probolinggo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Liprak Kidul Banyuanyar Probolinggo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data pada penelitian ini menggunakan analisis data situs tunggal dan analisis lintas situs. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru kelling ini efektif dilaksanakan bagi siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Liprak Kidul Banyuanyar Probolinggo, yang lokasinya jauh dari kota yang tidak memiliki handphone atau akses jaringan internet, computer sebagai sarana pembelajaran dimasa covid-19. Siswa merasa senang, karena ada sarana belajar dan bertanya kepada guru dan teman satu kelas.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *