Skripsi Peran Bumdes Terhadap Perkembangan Desa Dan Perekonomian Masyarakat

Zuhri, Syaifuddin. 2021, Peran BUMDES Terhadap Perkembangan Desa dan Perekonomian Masyarakat (Studi Kasus BUMDES Dsa Binor). Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Dr. Ahmad Fauzi M. Pd, Pembimbing (II) Zahida I’tisomah Billah, M.E.

Kata Kunci : Perkembangan Desa, Perekonomian Masyarakat

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan ekonomi di pedesaan. BUMDes lahir sebagai suatu pendekatan baru dalam usaha peningkatan ekonomi desa berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Pengelolaan BUMDes sepenuhnya dilaksanakan oleh masyarakat desa, yaitu dari desa, oleh desa, dan untuk desa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah peran Bumdes terhadap perkembangan Desa, yang berada di desa Binor kecamatan Paiton, kabupaten Probolinggo dan peran Bumdes terhadap perekonomian Masyarakat.
Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu pendekatan ini berdasarkan fakta dan alamiyah, peneliti mengumpulkan data dengan cara Observasi, Wawancara dan Dokumentasi kemudian di analisis dan di kelompokkan berdasarkan permasalahan pengamatan yang ada di lapangan.
Hasil penelitian Strategi yang di lakukan oleh para petinggi Bumdes dalam meningkatkan perkembangan desa, yakni dengan bekerja sama dengan instansi lain seperti perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar Desa Binor, seperti PLTU, BKM, BJA dan perusahaan-perusahaan yang sudah menjalin kerjasama dengan Bumdes ataupun desa, dan ada juga dengan cara mengembangkan usaha yang sudah ada, seperti sektor pariwisata dan Caffe & Resto pantai Bohay (Binor Harmony).

Download PDF

Download PDF

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *