Skripsi Pengembangan Minat Dan Bakat Santri Melalui Kegiatan Darsul Idlofiyah Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Ketapang Probolinggo

Nisa’, Khoirun. 2021, Pengembangan Minat Dan Bakat Santri Melalui Kegiatan Darsul Idlofiyah Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Ketapang Probolinggo. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Kraksaan. Pembimbing (I) Kustiana Arisanti, M.Pd.I. Pembimbing (II) Mujibur Rahman, M.Pd.

Kata Kunci: Minat, Bakat, dan Darsul Idlofiyah

Pengembangan minat dan bakat adalah suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki dengan cara pelatihan dan didasari dengan pendidikan, yang mana hal tersebut dilakukan dengan dasar senang, untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Kegiatan Darsul Idlofiyah adalah kegiatan ekstrakulikuler keagamaan yang di realisasikan untuk para santri, tujuannya agar minat dan bakat dapat di asah dan di kembangkan dengan ilmu dan pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh pembimbing kepada para santri sesuai dengan masing-masing bidang yang dipilih dan juga sesuai dengan bakat yang dimiliki.
Berkaitan dengan hal tersebut, didalam pembahasan skripsi ini akan dibahas tentang profil Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin, dan upaya yang dilakukan Pesantren dalam rangka meningkatkan hasil pengembangan minat dan bakat kegiatan Darsul Idlofiyah. Metode penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus.
Teknik pengumpulan data yang yang dilakukan menggunakan beberapa metode pengumpulan data, yaitu: (1) metode observasi, (2) metode wawancara, dan
(3) metode dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dan terkumpul dari kegiatan lapangan di analisis secara kulalitatif dengan teknik pengelompokan data, lalu kemudian data yang telah diperoleh perlu di reduksi atau dipilih dan selanjutnya diambil kesimpulan. Usaha pengelompokan data sampai pengambilan kesimpulan, dilakukan dengan meringkas data pada penelitian ini dengan menggunakana deskriftif analisis yaitu dengan cara memadukan data-data yang diperoleh dengan berfikir deduksi dan induksi
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu,: 1) Untuk mendeskripsikan pengembangan minat dan bakat santri melalui kegiatan Darsul Idlofiyah Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Ketapang Probolinggo. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pengembangan minat dan bakat santri melalui kegiatan Darsul Idlofiyah Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Ketapang Probolinggo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan Darsul Idlofiyah memiliki dua faktor yaitu faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya.Terbukti dengan berbagai upaya dilakukan oleh pihak pesantren dan lembaga Darsul Idlofiyah terhadap pengembangan minat dan bakat pada santri, sehingga para santri dapat mengembangkan minatnya dengan media yang telah pesantren sediakan.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *