Skripsi Pengelolaan Masjid Ditinjau Dari Aspek Kontinuatif Human Resources Management Dan Implikasi Terhadap Sektor Ekonomi

Amalia, Fitra. 2021, Pengelolaan Masjid Ditinjau dari Aspek Kontiatif Human Resources Management dan Implikasi terhadap Sektor Ekonomi. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syari’ah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Dr. Ahmad Fauzi, M.Pd., (II) Zahida I’tisoma Billah, M.E.

Kata Kunci : Pengelolaan Masjid, Human Resourches Management, dan Ekonomi.

Masjid merupakan pilar utama histori perjalanan dakwah Islam sejak masa Rasulullah SAW hingga saat ini. Sebagai pusat pembedayaan umat dengan beberapa fungsi strategis yang diantaranya adalah sebagai sentra sarana ibadah (ubudiyah), pengembangan sosial-ekonomi (ijtima’iyah iqtishodiyah), pendidikan dan ilmu (tarbiyah) bahkan pusat politik (siyasah) tentunya tidak terlepas dari sistematika manajerial yang berlaku dalam tatanan pengelolaannya. Manajemen masjid diketahui sebagai proses pengaturan, penyelenggaraan serta pengurusan seluruh aktivitas peribadatan oleh Sumber Daya Insani (SDI) yang ada, dalam hal ini adalah ta’mir beserta jajaran kepengurusan lainnya guna memaksimalkan pembinaan masjid sedikitnya dalam tiga bidang meliputi pembinaan idarah, imarah (pemeliharaan masjid) dan riayah (pemakmuran masjid) sebagai bentuk pemberdayaan akan kemaslahatan yang berkesinambungan.
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau serta menganalisa efektifitas pemberdayaan masjid era millennium yang mulai mengalami penyempitan atas fungsi dan peran idealnya. Salah satu faktor yang cukup menaruh pengaruh signifikan yakni manajerial human resources (sumber daya insani) pada tatanan kepengurusn masjid.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggunakan pendekatan naturalistik untuk menemukan pemahaman fenomenologi terhadap suatu objek yang berkonteks khusus. Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Analisi Data.
Pada penelitian berstudi kasus di Masjid Siti Aminah Al-Askar ini menunjukkan bahwasannya optmalisasi akan pemanfaatan human resources management dapat melahirkan pola insight potensial yang dapat memberi pengaruh terhadap upaya pemberdayaan masjid serta memiliki implikasi terhadap berbagai sector kepengurusan di dalamnya, salah satunya pada dimensi ekonomi.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *