Skripsi Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kedisiplinan Guru Terhadap Tingkat Prestasi Belajar Siswa Di Mts. Al-Mu’iffah Sumberdawe Kecamatan Maron

Nurul jannah . 2021. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kedisiplinan Guru Terhadap Tingkat Prestasi Belajar Siswa Di Mts. Almuiffah Sumberdawe Kecamatan Maron. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Ainol, M.Pd.I. (II) Ahmad Humaidi, M.Pd.I

Kata Kunci : Persepsi Siswa, Kedisiplinan Guru, Tingkat Prestasi Belajar Siswa, covid 19

Masyarakat dan bangsa Indonesia kini sedang memasuki gerbang abad 21, era globalisasi yang penuh dengan tantangan, dan juga seakin berkualitas, sedangkan pada situasi saat ini sudah jelas bahwa adanya penyebaran virus corona Disease 2019 sangat mempengaruhi pendidikan karna pendidikan mengalami penghambatan dalam proses pembelajaran salah satunya pembelajaran daring karna terbatasnya ruang dan waktu, hal ini terjadi di MTs. Al-Muiffah sumber daweh ini menyebabkan kedisiplinan guru tidak terlaksanakan dengan baik disamping itu ini menjadi salah satu faktor tentang menurunnya prestasi siswa untuk membuktikan hal ini, maka dengan ini persepsi siswa digunakan untuk mengetahui adakah pengaruh kedisiplinan guru terhadap prestasi siswa.
Rumusan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang kedisiplinan guru dalam pembelajaran selama pandemi covid-19 di MTs. Al-Muiffah Sumber Dawe Kecamatan Maron dan Bagaimana prestasi belajar siswa selama pandemi covid-19 di MTs. Al-Muiffah Sumber Dawe Kecamatan Maron. Dan Adakah pengaruh persepsi siswa tentang kedisiplinan guru terhadap tingkat prestasi belajar siswa selama pandemi covid-19 di MTs. Al-Muiffah Sumber Dawe Kecamatan Maron.
Pendekatan yang di gunkan adalah pendekatan kuantitif, Rumus yang di gunakan dalam penelitian ini adalah product moment, yaitu:

𝑟𝑥𝑦

= 𝑛(∑𝑋𝑌)−(∑𝑋)(∑𝑌)
√[𝑛(∑𝑋2)−(∑𝑋)2⃒𝑛(∑𝑌2)−(∑𝑌)²]

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi siswa tentang kedisiplinan guru terhadap tingkat prestasi belajar selama pandemi covid di MTs. Al-Mu’iffah Sumber Dawe kecamatan Maron sama dengan 50% dari yang di harapkan dalam pengaruh persepsi siswa tentang kedisiplinan guru akan menjadi 15,24434 atau 15%. nilai R = 0,258448 atau 25%, menunjukkan bahwa 25% kedisiplinan guru di pengaruhi persepsi siswa terhadap perstasi belajar siswa dengan munggunakan nilai rapot dengan munggunakan rumus adalah Y’ = 6,14267 + 0,303389 X. Hal ini berarti bila variabel Y nilai rapot yaitu prestasi belajar siswa di tingkatkan sampai nilai 30 Namun tidak signifikat, dengan demikian hasil dari penelitian tersebut tergantung dari persepsi siswa bagaimana mereka menanggapinya atau menilai kedisiplinan guru jika persepsi siswa tentang kedisiplinan guru baik maka hasil tersebut baik dan jika persepsi tersebut buruk maka hasil tersebut buruk, dengan kata lain tergantung pada persepsi siswa tersebut menilai kedisiplinan guru tersebut.

Download PDF

Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *