Skripsi Pengaruh Pembelajaran Pai Daring Melalui Whatsapp Grup Terhadap Kemampuan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid – 19 Di Sdn Kedungsari Maron Probolinggo

Mulya Ningsih, Sarifa. 2021, Pengaruh Pembelajaran PAI Daring Melalui Whatsapp Group Terhadap Kemampuan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid – 19 Di SDN Kedungsari Maron Probolinggo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Drs. H. Fathullah, M.H.I. (II) Siti Maryam, M.Pd.I.

Kata Kunci : Pengaruh, Pembelajaran Daring, Kemampuan, Siswa

Terjadinya Pandemi Covid-19 ini mengkibatkan dampak bagi ekonomi masyarakat dan bidang pendidikan, salah satu solusi untuk mengurangi penyebaran virus adalah dengan melakukan pembelajaran daring. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode pembelajaran daring melalui whatsapp grup terhadap kemampuan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran PAI daring melalui whatsapp grup terhadap kemampuan belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SDN Kedungsari Maron Probolinggo.
Peneliti merumuskan masalah sebagai berikut. (1) Apakah ada pengaruh pembelajaran PAI daring melalui whatsapp grup terhadap kemampuan belajar siswa pada masa pandemi covid – 19 di SDN kedungsari maron probolinggo? (2) Seberapa besar pengaruh pembelajaran PAI daring melalui whatsapp grup terhadap kemampuan belajar siswa pada masa pandemi covid – 19 di SDN kedungsari maron probolinggo? Dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan mengetahui seberapa besar pengaruhnya.
Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi koisioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan validitas, reliabilitas, normalitas, regresi dan hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dengan data data yaitu dasar pengambilan keputusan pada uji t adalah jika nilai signifikansi kurang dari 0,05 maka dinyatakan terdapat pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y, jika nilai signifikansi lebih dari 0,05 maka variabel X tidak berpengaruh terhadap variabel Y. Dasar pengambilan keputusan kedua adalah jika nilai t hitung > t tabel maka dinyatakan bahwa terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y, dapat dilihat pada tabel nilai t hitung : 3.487 dan berdasarkan t tabel untuk 51 responden dengan nilai signifikansi 10% yaitu 2.643 .Berdasarkan nilai korelasi/ hubungan
(R) yaitu sebesar 0,380. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,144, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (Religiulitas) terhadap variabel terikat (Agresivitas) adalah sebesar 14,4%.
Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran daring melalui whatsapp grup terhadap kemampuan Belajar Siswa pada kelas eksperimen dan data tersebut menunjukkan bahwa Pengaruh Metode Pembelajaran PAI Daring Melalui Whatsapp Grup Terhadap Kemampuan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Kedungsari menunukkan bahwa semuanya valid.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *