Skripsi Pengaruh Pembelajaran Luring Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid – 19 Di Ma Nurul Hidayah Kecamatan Krejengan

Qomariyah, Lailatul. 2021, Pengaruh Pembelajaran Luring Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19Di MA Nurul Hidayah Krejengan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitaas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Abu Yazid Adnan Quthny,M.H.I. (II) Drs. H. Moch Misbahul, M.Pd.I.

Kata Kunci : Pembelajaran Luring, Hasil belajar
Dampak Covid-19 pada Proses pembelajaran di sekolah merupakan alat kebijakan publik terbaik sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan skill. Sekolah secara keseluruhan adalah media interaksi antar siswa dan guru untuk meningkatkan kemampuan integensi, skill dan rasa kasih sayang diantara mereka. Tetapi sekarang kegiatan yang bernama sekolah berhenti dengan tiba-tiba karena gangguan Covid-19. Untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang efektif guna meningkatkan kualitas pembelajaran, tentunya dibutuhkan metode pembembelajaran yang tepat agar peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan pendidik. Oleh karena itu, berdasarkan permasalahan yang ada diatas maka peneliti ingin mengkaji secara ilmiah tentang Pengaruh Pembelajaran Luring Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19Di MA Nurul Hidayah Kecamatan Krejengan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) Apakah ada pengaruh pembelajaran Luring terhadap hasil belajar siswa di masa pandemi Covid-19, di MA Nurul Hidayah kecamatan krejengan. (2) Seberapa besar pengaruh pembelajaran Luring terhadap hasil belajar siswa di masa pandemi Covid-19, di MA Nurul Hidayah kecamatan krejengan.
Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di MA. Nurul Hidayah, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Pembelajaran Luring Terhadap Hasil Belajar Siswa pada kelas yaitu kelas X, XI, XII MA. Nurul Hidayah. Dasar pengambilan keputusan pada uji t adalah jika nilai signifikansi kurang dari 0,05 maka dinyatakan terdapat pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y, jika nilai signifikansi lebih dari 0,05 maka variabel X tidak berpengaruh terhadap variabel Y. Dasar pengambilan keputusan kedua adalah jika nilai t hitung > t tabel maka dinyatakan bahwa terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y, dapat dilihat pada tabel nilai t hitung : 3.487 dan berdasarkan t tabel untuk 74 responden dengan nilai signifikansi 10% yaitu 2.643. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan nilai korelasi/ hubungan (R) yaitu sebesar 0,380. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,144, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (Religiulitas) terhadap variabel terikat (Agresivitas) adalah sebesar 11%.

Download PDF

Download PDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *