Skripsi Pengaruh Kebijakan Pendidikan Pesantren Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mts Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo Pada Masa Covid-19

Agustini, Nur laili. 2021,Pengaruh Kebijakan Pendidikan Pesantren Terhadap Motivasi Belajar Siswa MTs Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo Pada Masa Covid-19.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Ainol, M.Pd.I (II) Salamah Eka Susanti,M.S.I.

Kata Kunci : Pengaruh,Kebijakan pendidikan pesantren, motivasi belajar, Masa covid-19

Kebijakan pendidikan merupakan perencanaan umum untuk panduan dalam mengambil keputusan, tujuan pendidikan yang diinginkan bisa dicapai. Kebijakan pendidikan di MTsDarul Lughah Wal Karomah pada masa covid-19 mengalami perubahan, baik dalam proses belajar-mengajar, waktu belajar dan sebagainya. Dengan adanya kebijakan baru dari pemerintah yang diterapkan di MTsDarul Lughah Wal Karomah mengakibatkan kurangnya motivasi belajar siswa. Untuk mengantisipasi kurangnya motivasi yang mempengaruhi hasil belajar siswa menurun sehingga pengasuh sekaligus kepala sekolah MTsDarul Lughah Wal Karomah membuat peraturan baru selama masa pandemi covid-19 .
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh kebijakan pendidikan pesantren terhadap motivasi belajar siswa MTS Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo pada masa Covid-19. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo yang berjumlah 196 siswa, sedangkan sampel yang diambil dari taraf kesalahan 5% berjumlah 132 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan rumus slovin.Instrumen yang digunakan adalah kuesioner.Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Product moment.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya pengaruhyang signifikan antara kebijakan pendidikan pesantren terhadap motivasi belajar dengan Dasar pengambilan keputusan dalam uji regresi linier sederhana yakni Y= a+bX, =30.05636839 + 5.815414762= 35.87178, dari hasil tersebut menunjukkan nilai 35.87178. dengan demikian menyatakan bahwa X mempengaruhi Y sebesar 35.9%.Berdasarkan hasil koefisiensi korelasi (r) maka determinasi (r²) R square sebesar 0,33040088, maka dengan demikian kebijakan pendidikan pesantren mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 0,33%.

Download PDF

Download PDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *