Skripsi Penerapan Shalat Qiyamul Lail Dalam Peningkatan Kecerdasan Spiritual Santri Di Pondok Pesantren Darus Sholihin Sumberkare Wonomerto Probolinggo

Musrifa, 2021:Penerapan Sholat Qiyamul Lail Dalam Peningkatan Kecerdasan Spiritual Santri Di Pondok Pesantren Darus Sholihin Sumberkare Wonomerto Probolinggo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Zainul Hasan Genggong.

Kata Kunci : Penerapan, Sholat, Kecerdasan, Pesantren

Melihat fenomena yang ada sekarang, banyak ditemukan tingkah laku remaja yang bertentangan dengan norma-norma ajaran Islam. Untuk mengantisipasi agar santri tidak terpengaruh, pondok pesantren Darus Sholihin menerapkan sholat Qiyamul Lail Dalam Peningkatan kecerdasan spiritual santrinya, karena kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan tertinggi yang dapat merubah seseorang menjadi manusia lebih baik.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan sholat Qiyamul Lail untuk meningkatkan kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Darus Sholihin Sumberkare Wonomerto Probolinggo? 2) Apa Saja kelebihan dan kekurangan penerapan shalat qiyamul lail dalam peningkatan kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Darus Sholihin Sumberkare Wonomerto Probolinggo?
Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan sholat Qiyamul Lail untuk meningkatkan kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Darus Sholihin Sumberkare Wonomerto Probolinggo. 2) Untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penerapan shalat qiyamul lail dalam peningkatan kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Darus Sholihin Sumberkare Wonomerto Probolinggo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini menggunakan reduksi data, penyajian data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian ini: 1) penerapan sholat Qiyamul Lail dalam peningkatan kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Darus Sholihin Sumberkare Wonomerto Probolinggo meliputi kegiatan sholat tahajjud, sholat hajat, dan ditutup dengan doa sekaligus dzikir bersama. 2) kelebihan dan kekurangan penerapan shalat qiyamul lail dalam peningkatan kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Darus Sholihin Sumberkare Wonomerto Probolinggo, kelebihannya terbukti dengan para santri yang dulunya sering melanggar, tapi setelah istiqamah sholat Qiyamul Lail santri tersebut sedikit demi sedikit mulai bisa diatur, Begitu juga dengan santri yang melanggar jamaah itu mulai berkurang, mengaji Al-Quran semakin meningkat, sikap Ta’dzim dan Tawadlu’ terhadap ustadzah juga semakin terlihat, adapun kekurangannya kurang tidur, kelelahan mengikuti kegiatan, tidak kerasan di pondok

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *