Skripsi Penerapan Metode Demonstrasi Pembelajaran Shalat Berjama’ah Mata Pelajaran Fiqih Bagi Siswa Mts. Nurul Hidayah Di Opo-Opo Krejengan Probolinggo

Muchlisin. 2021, Penerapan Metode Demonstrasi Pembelajaran Shalat Berjama’ah Mata Pelajaran Fiqih Bagi Siswa MTs. Nurul Hidayah Opo- opo Krejengan Probolinggo Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Ialam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Drs.
H. Fathullah, M.HI. (II) Salamah Eka Suzanti, M.Si.

Kata Kunci : Penerapan, Metode Demonstrasi, Shalat Berjama’ah

Berkaitan dengan pendidikan, Hasil pembelajaran yang sangat memuaskan tentunya sangat diharapkan oleh semua guru, terutama bagi guru bidang studi, namun kenyataannya seringkali guru menemui beberapa kendala-kendala yang menyangkut dalam pembelajarannya. Prestasi belajar siswa sampai saat ini masih tetap menjadi tolak ukur mutu pendidikan di sekolah, yang pernah penulis amati, di MTs. Nurul Hidayah Di Opo-Opo Krejengan, bahwasanya minat siswa dalam pembelajaran, mereka kurang semangat dan kurang menyukai dan masih ada hal- hal yang lain, yang menyebabkan mereka cepat bosan dalam pembelajarannya yakni kurangnya media pembelajaran siswa dalam materi yang di sampaikan oleh guru bidang studi, setiap lembaga pendidikan baik dasar atau lanjutan diperlukan prestasi belajar sebagai tolak ukur yang bersifat standar sehingga prestasi belajar benar-benar merupakan hasil dari setiap proses pembelajaran.
Untuk mengungkapkan hal di atas, peneliti merumuskam masalah sebagai berikut:(1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi pembelajaran shalat berjama’ah mata pelajaran fiqih bagi siswa MTs. Nurul Hidayah Di Opo-opo (2) Faktor pendukung dan penghambat Penerapan metode demonstrasi pembelajaran shalat berjama’ah mata pelajaran fiqih bagi siswa MTs. Nurul Hidayah Di Opo- opo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajan di MTs. Nurul Hidayah Opo-opo Krejengan Probolinggo melaui adanya penerapan metode demonstrasi dimadrasah tersebut. Selain itu untuk mengungkap apa saja upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan penerapan metode pembelajan dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode demonstrasi serta cara meminimalisir faktor penghambat tersebut.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, subyek penelitian ini adalah: kepala madrasah, guru studi, dan adapun langkah menganalisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi data.
Analisis penulis bahwa MTs. Nurul Hidayah sudah baik melalui adanya penerapan metode demonstrasi, hal ini dapat dilihat dari ketika proses pembelajaran peserta didik, madrasah ini telah berhasil menerapkan penerapan pembelajaran, berbagai tahap dalam proses penerapan pembelajaran metode demonstrasi, yaitu tahap input atau masukan berupa perencanaan persiapan pembelajaran, kemudian tahap proses yaitu pelaksanaan yang dilakukan dengan pengawasan dan evaluasi, dan yang terakhir Output hasil berupa peningkatan penerapan metode demonstrasi.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *