Skripsi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Qiroati Di Tpq An Nur Rondokuning Krejengan Probolinggo

Nurul, Faizah. 2021, Pembelajaran Al-Qur’an Metode Qiro’ati di Tpq An-nur Rondokuning Krejengan Probolinggo.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Drs. H. Fathullah, M.H.I. (II) Mujibur Rahman, M.Pd.

Kata Kunci : Pembelajaran Al-qur’an Metode Qiro’ati.

Merujuk pada buku petunjuk teknis dan pedoman pembinaan baca tulis Al-Qur’an dinyatakan bahwa tujuan baca tulis Al-Qur’an menyiapkan anak didiknya agar menjadi generasi muslim yang Qur’ani, yaitu generasi yang mencintai Al-Qur’an, menjadikan Al-Qur’an sebagai bacaan dan sekaligus pandangan hidupnya sehari-hari. Supaya dalam kegiatan pembelajaran membaca Al-Qur’an dapat berjalan dengan lancar, maka banyak sekali solusi yang digunakan yaitu dengan metode-metode cara cepat baca Al-Qur’an di antaranya adalah dengan menggunakan metode Baghdadiyah, Iqra’, Qiroati, Yanbu’a, Ummi dan lain-lain. Namun yang akan penulis bahas disini 2yang digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan metode Qiroati.
Rumusan masalah (1) Bagaimana pembelajaran Al-Qur’an metode qiroati di TPQ an-nur rondokuning krejengan probolinggo? (2) Apa saja yang menjadi factor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Al-Qur’an metode qiroati di TPQ an-nur rondokuning krejengan probolinggo?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui proses pembelajaran metode Qiro’ati Di Tpq An-nur. 2) untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari metode Qiro’ati di Tpq An-nur. 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran Al-qur’an di Tpq An-nur.
Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan penelitian lapangan. Penelitian dilaksanakan di Tpq An-nur Rondokuning, Krejengan, Kab. Probolinggo pada bulan September sampai dengan Oktober 2021. Subjek penelitian adalah pengurus Qiro’ati, ustad/ustadah pengampu Qiro’ati dan santri Qiro’ati An-nur. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan tringualisasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitas model alir dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran Al-qur’an dengan metode Qiro’ati, dilaksanakan 5 hari dalam satu minggu. Kegiatan belajar

Download PDF

Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *