Skripsi Model Pengembangan Life Skill Santri Di Pondok Pesantren Darul Jannah Tiris Tahun Pelajaran 2020-2021

Fikri, Yadi. 2021, Model Pengembangan Life Skill Santri Di Pondok Pesantren Darul Jannah Tiris Probolinggo.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) AINOL, M.Pd.I (II) ENDAH TRI WISUDANINGSIH, M.Pd.I

Kata Kunci : Model, Pengembangan, Life Skill, Santri

Pendidikan life skill merupakan suatu kepentingan dan kebutuhan bagi para santri sebagai modal untuk manusia yang bersemangat, dan sekaligus menunjang pembangunan masyarakat di lingkungan pesantren selain itu, pendidikan life skill diperlukan dalam rangka menyeimbangkan antara otak, hati, dan keterampilan tangan yang secara integral merupakan pengembangan pada diri anak. Bahkan tidak semua santri dapat mengembangkan pendidikan keterampilan yang ada di pondok pesantren karenanya bagaimana model pengembangan life skill santri khususnya di pondok pesantren Darul Jannah Tiris Probolinggo.
Oleh sebab itu, tujuan life skill secara umum pembelajaran kecakapan hidup bertujuan untuk mengfungsikan pembelajaran sesuai dengan fitrahnya, yaitu mengembangkan potensi manusiawi peserta didik untuk menghadapi perannya di masa akan datang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut : 1. bagaimana model pengembangan life skill santri di pondok pesantren Darul Jannah Tiris. 2. Bagaimana model pengembangan life skill (personal skill, sosial skill, academic skill and vocasioanal skill) santri di pondok pesantren Darul Jannah Tiris. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana model pengembangan life skill (personal skill, sosial skill, akademik skill dan vokasional skill) Santri di pondok pesantren Darul Jannah Tiris Probolinggo.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk itu menganalisisnya menggunakan deskriptif kualitatif.
Dapat di simpulkan bahwa : pendidikan life skill di Pondok Pesantren Darul jannah dapat menciptakan santri yang lebih berkualitas. Santri tidak hanya dibekali ilmu-ilmu keagamaan namun praktik yang terpenting untuk menunjang di kehidupan yang akan datang. Dengan terjun langsung di masyarakat dan mental yang paling utama untuk dapat memberanikan diri di masyarakat. Tak lupa ketrampilan-ketrampilan seperti berwirausaha, beternak dan bercocok tanam dapat memberikan bekal yang menjadi pegangan di masa yang akan datang. model pengembangan life skill santri dilaksanakan seminggu sekali. pelaksanaan tersebut didukung oleh beberapa faktor pendukungnya adalah dukungan dari pengasuh dan adanya buku karangan pengasuh sendiri, adanya potensi dan minat santri,.Hal tersebut juga dihambat oleh kurang latihan bagi santri, terbenturnya waktu karna banyak kegiatan yang ada di pesantren, serta kurangnya motivasi bagi santri.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *