Skripsi Model Pengembangan Kedisiplinan Siswa Di Mts Zainul Anwar Alassumur Kulon Kraksaan Probolinggo

Muthaharah, Luluk. 2021. Model pengembangan kedisiplinan siswa di MTs Zainul Anwar Alassumur Kulon. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Dr. Abd Aziz, M.Ag (II) Siti Maryam, M.Pd.I.

Kata Kunci: Pengembangan, Kedisiplinan Siswa

Kedisiplinan merupakan kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sisitem yang mengharuskan orang untuk tunduk kepada keputusan, perintah, dan peraturan yang berlaku. Islam mengajarkan agar benar-benar memperhatikan dan mengaplikasikan nilai-nilai kedisiplinan. MTs Zainul Anwar merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta yang berada di Desa Alaasumur, lembaga ini merupakan lembaga yang berdiri di bawah naungan pondok pesantren yang memiliki tata tertib yang berlaku disekolah. Karena itu sekolah sebagai wadah penting dalam mengembangkan kedisiplinan siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui bagaimana model pengembangan di MTs Zainul Anwar. 2) mendeskripsikan apa saja program yang dilaksanakan dalam pengembangan kedisiplinan siswa di MTs Zainul Anwar. 3) mendeskripsikan bagaimana strategi pengembangan kedisiplinan siswa di MTs Zainul Anwar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana penelitian ini melakukan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kedisiplinan peserta didik sudah cukup baik namun masih tetap perlu adanya peningkatan karena berbagai pelanggaran tata tertib peserta didik masih ada walaupun hanya pelanggaran kecil. Melatih kedisiplinan anak dimulai dari fisik. Program yang dilaksanakan dalam mengembangkan kedisiplinan yakni dengan, 1) disiplin waktu menjadi sorotan utama, 2) disiplin belajar selalu tertib dalam melaksanakan tugas, 3) disiplin beribadah dan 4) disiplin bersikap. Strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik adalah dengan cara menggunakan layanan bimbingan, dibiasakan melakukan sesuatu dengan baik, dengan tauladan yang baik dan uswatun hasanah, harus selalu ada pengawasan dan kontrol terhadap peserta didik.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *