Skripsi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Taruna Islam Al-Kautsar Semampir Kraksaan Probolinggo

Ariani, Novita. 2021, Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Taruna Islam Al-Kautsar Semampir KraksaanProbolinggo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) H. Imam Bukhori, M.Pd. (II) Salamah Eka Susanti, M.SI.

Kata Kunci : Metode, Pembelajaran PAI, Masa Pandemi Covid-19.

Metode digunakan dalam proses pembelajaran dan mempunyai peran yang sangat penting dalam keberhasilan pembelajaran itu. dengan adanya penggunaan metode pembelajaran yang bervariatif yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP taruna islam al-kautsar dalam menyampaikan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kepada peserta didik, sehingga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang tidak menjenuhkan. Selain itu ada pembiasaan-pembiasaan yang dapat menciptakan bi’ah islamiyyah sehingga dapat menanamkan jiwa islami dalam diri peserta didik Namun Sejak adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia mengakibatkan perubahan semua sektor kehidupan dalah satunya pendidikan karena dalam situasi ini pembelajaran dilakukan secara online, metode pembelajaran pun tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya, karena terkendala adanya wabah Covid-19 hal ini menjadi tantangan para guru untuk menentukan metode pembelajaran apa yang dapat di terapkan di masa pandemi ini, karena metode pembelajaran sangat menentukan keberhasilan anak didik dalam menuntut ilmu.
Permasalan dapat dirumuskan (1) Apa saja metode yang di terapkan oleh guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam masa pandemi Covid -19 DI SMP Taruna Islam Al-Kautsar Semampir Kraksaan Probolinggo?(2) Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam masa pandemi Covid d-19 DI SMP Taruna Islam Al-Kautsar Semampir Kraksaan Probolinggo?
Jenis penelitian ini adalah Field Reasearch yaitu penelitian yang mengharuskan peneliti berangkat ke ‘lapangan’ untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data adalah wawancara (interview), pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Sedangkan teknik analis data yang digunakan yaitu induktif melalui reduksi data, penyajian data (data display) dan kesimpulan (verification).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Metode pembelajaran PAI masa pandemi Covid-19 di SMP Taruna Islam Al-Kautsar Kraksaan Probolinggo adalah: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Taruna Islam Al-Kautsar masa pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan pembelajaran jarak jauh atau daring melalui perangkat pembelajaran atau media pembelajaran seperti power point,

Download PDF

Download PDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *