Skripsi Manajemen Pondok Pesantren Dalam Menangani Penyimpangan Perilaku Santri Di Pondok Puteri Pusat Pesantren Zainul Hasan Genggong

Qomariyah, Siti. 2021, Manajemen Pondok Pesantren Dalam Menangani Penyimpangan Perilaku Santri Di Pondok Puteri Pusat Zainul Hasan Genggong.Skripsi. Program Studi Manajemen PendidikanUniversitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Ainol, M.Pd.I(II) M. Fuad Badruddin, M.Pd.

Kata Kunci : Manajemen Pondok Pesantren, Strategi Pengurus Menangani Santri

Penelitian ini membahas upaya pondok pesantren dalam menangani penyimpangan perilaku santri di pondok puteri pusat pesantren Zainul Hasan Genggong kecamatan Pajarakan kabupaten Probolinggo provinsi Jawa Timur. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan penyimpangan perilaku santri di pondok pesantren. Penyimpangan perilaku santri tersebut berkaitan dengan pelanggaran-pelanggaran peraturan tata tertib yang telah ditetapkan oleh pesantren. Pesantren sebagai bengkel moral tentunya memiliki peranan penting dalam upaya menangani segala bentuk penyimpangan perilaku santri yang terjadi.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1)Bagaimana manajemen pesantren dalam menangani penyimpangan perilaku santri di pondok puteri pusat pesantren Zainul Hasan Genggong?, 2) Bagaimana strategi dalam menangani penyimpangan perilaku santri di pondok puteri pusat pesantren Zainul Hasan Genggong?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pondok pesantren dan strategi pondok pesantren dalam menangani penyimpangan perilaku santri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Informan penelitian terdiri dari kepala pondok dan pengurus bagian keamanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh pondok pesantren dalam menangani santri yang berperilaku menyimpang yaitu dengan memberikan peringatan, memberikan sanksi dan denda serta melakukan kerja sama dengan pihak dewan guru. Diharap dengan upaya tersebut, santri mampu berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku agar tercipta kembali kondisi sosial yang tertib.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *