Skripsi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Di Mts Syafiiyah Besuk Agung Besuk Probolinggo

Hikmah, Barirotun. 2021, Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Di Mts Syafiiyah Besuk Agung Besuk Probolinggo. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Imam Bukhori, M.Pd (II) Poppy Rachman, M.Pd.

Kata Kunci : Manajemen, Peserta Didik Baru

Penerimaan peserta didik baru adalah merupakan kegiatan yang sangat penting di sekolah. Dikatakan demikian karena apabila tidak ada penerimaan maka sekolah akan tidak mendapatkan peserta didik. Apabila hal tersebut terjadi, maka eksitensi sekolah pun akan terganggu, sehingga dalam waktu yang tidak lama sekolah bisa saja ditutup karena tidak mendapatkan peserta didik.
Di sekolah Madrasah Tsanawiyah Syafiiyah Besuk Agung Besuk Probolinggo merupakan salah satu sekolah yang bisa dibilang sukses dalam penerimaan peserta didik baru.
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untukmengethui, mengkaji dan menjelaskan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, hasil dan evaluasi manajemen penerimaan peserta didik baru di MTs. Syafiiyah Besuk Agung Besuk Probolinggo.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa : wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan dengan sebagai berikut :
1. Perencanaan sebelum PPDB adalah dengan penetapannya daya tampung calon peserta didik baru, menetapkan syarat-syarat penerimaan calon peserta didik baru, kemudian persiapan media informasi PPDB dan yang terakhir persiapan administrasi dan sarana dan prasarana.
2. Pelaksanaan PPDB dimulai dengan pembentukan panitia dan pembagian tugas masing-masing panitia. Setelah itu membentuk tim seleksi penerimaan, penentuan waktu seleksi, seleksi PPDB dan yang terakhir adalah pengumuman hasil seleksi.
3. Hasil penerimaan peserta didik baru di MTs.Syafiiyah Besuk Agung Besuk Probolinggo terbilang cukup baik, hal ini di buktikan dalam masa penerimaan peserta didik pada tahun 2020-2021 MTs. Syafiiyah menerima sebanyak 128 peserta didik dalam waktu 6 jam hari pertama penerimaan.
Evaluasi PPDB di MTs. Syafiiyah Besuk Agung Besuk Probolinggo menggunakan sistem laporan pertanggung jawaban (LPJ). Laporan ini di sampaikan dalam rapat khusus panitia tentang proses kegiatan PPDB dari awal hingga akhir.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *