Skripsi Korelasi Antara Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Covid-19 Di Smp Islam Al-Hasyimi Sumberan Besuk

Jannah, Nurul. 2021, Korelasi Antara Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Covid-19 Di Smp Islam Al-Hasyimi Sumberan Besuk. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Ainol, M.Pd.I, (II) Salamah Eka Susanti,M.S.I.

Kata Kunci : Korelasi, Pedagogik Guru, Motivasi Belajar Siswa, Masa Covid-19

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan yang dimiliki oleh seorang pendidik mengenai pemahaman peserta didik secara menyeluruh dalam proses pembelajaran, sehingga dapat mengetahui apa yang dibutuhkan dan diperlukan oleh peserta didik.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : 1) Seberapa baik kompetensi pedagogik guru Smp Islam Al-Hasyimi Sumberan Besuk pada masa Covid-19? 2) Bagaimana motivasi belajar siswa Smp Islam Al- Hasyimi Sumberan Besuk pada masa Covid-19? 3) Apakah ada korelasi antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa Smp Islam Al- Hasyimi Sumberan Besuk pada masa Covid-19?.
Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang terdiri dari kelas VII,VIII Smp Islam Al- Hasyimi Sumberan Besuk, yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah instrumen kuesioner. Instrumen kuesioner kompetensi pedagogik dan motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Product moment.
Hasil dari penelitian ini adalah adanya korelasi antara kompetensi pedagogik guru dengan semangat belajar siswa pada masa Covid-19 di Smp Islam Al-Hasyimi Sumberan Besuk, dapat dilihat dari hasil T hitung adalah 2,287271 dan T tabel adalah 2,03951, jika T hitung 2,287271> T tabel 2,03951 dengan dk (n-2) = 31, maka T hitung jatuh pada daerah penolakan Ha, maka dapat dinyatakan bahwa korelasi antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa sebesar 0,38 atau 38%. Dan untuk 0,62 atau 62% nya berhubungan dengan variabel lainnya.

Download PDF

Download PDF

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published.