Skripsi Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Melalui Media Whatsapp Group (Wag) Di Masa Covid-19 Bagi Siswa Di Mts Al-Husna Dawuhan Krejengan Probolinggo

Rudiyanti, 2021. Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Melalui Media WhatsApp Group (WAG) Di Masa Covid-19 Bagi Siswa Di MTs Al- Husna Dawuhan Krejengan Probolinggo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo. Pembimbing (I) Dr.Abd.Aziz,M.Ag pembimbing (II) Endah Tri Wisudaningsing, M.P.I.

Kata Kunci : Implementasi, WhatsApp Group (WAG)

Indonesia merupakan salah satu Negara yang terpengaruh akan adanya pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease-2019) yang menyebabkan segala aktifitas yang ada termasuk sistem Pendidikan harus terpaksa dan wajib diberhentikan secara merata demi kebaikan serta kesehatan bersama. Sehingga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menginformasikan terkait Surat Edaran Nomor 04 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 19) agar seluruh sistem Pendidikan tetap dilaksanakan namun secara online/daring (dalam jaringan) terutama di lembaga MTs Al-Husna Dawuhan Krejengan Probolinggo.
Oleh sebab itu, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Melalui Media WhatsApp Group (WAG) Di Masa Covid-19 Bagi Siswa Di MTs Al-Husna Dawuhan Krejengan Probolinggo?Apa saja yang menjadi faktor pendukung maupun faktor penghambat dalam Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Melalui Media WhatsApp Group (WAG) Di Masa Covid-19 Bagi Siswa Di MTs Al-Husna Dawuhan Krejengan Probolinggo?
Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu metode yang berupaya menafsirkan fenomena yang terjadi dan yang dilakukan dengan melibatkan data hasil Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Sedangkan media pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Media WhatsApp Group (WAG). Dimana metode ini sangat relevan digunakan selama proses pembelajaran daring karena media/aplikasi WhatsApp Group ini merupakan salah satu aplikasi yang bisa dikatakan adalah suatu kebutuhan bagi semua orang. Sehingga jika dijadikan media selama proses pembelajaran daring, tentu akan sangat mudah diaplikasikan oleh guru maupun siswa.
Adapun hasil dari penerapan Media WhatsApp Group (WAG) ini selama belajar daring yaitu menjadikan siswa lebih mudah dalam menerima dan memahami materi yang disampaikan, juga karena adanya semangat belajar dari siswa itu sendiri, interaksi yang baik antara guru dengan siswa, fasiitas internet yang cukup baik (adanya smartphone dan kuota gratis dari sekolah) yang menjadikan pembelajaran daring dapat terlaksana dengan baik (optimal).

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *