Skripsi Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Pesantren Terhadap Perubahan Sosial-Keagamaan (Studi Kasus Masyarakat Desa Koncer Darul Aman Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso)

UMAR AFFANDI, 2021. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Pesantren Terhadap Perubahan Sosial-Keagamaan (Studi Kasus Masyarakat Desa Koncer Darul Aman Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso).
Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
Pembimbing 1 : Dr. Abd. Aziz, M.Ag Pembimbing 2 : Salamah Eka Susanti, M.S.I

Kata Kunci : Pendidikan Pesantren, Kesadaran Masyarakat

Secara universal keberadaan pesantren memiliki tujuan ganda, pertama, Pondok pesantren mempertahankan nilai-nilai keislaman dengan titik berat pada aspek pendidikan. Yang kedua, pondok pesantren memiliki peran dan fungsi terhadap peningkatan pendidikan masyarakat sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna membentuk masyarakat yang berperilaku dan paham akan nilai-nilai Islam. Fenomena yang terjadi di era modernisasi saat ini adalah kehidupan sosial masyarakat yang semakin memburuk karena disebabkan krisis etika/akhlak dan moral dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga memberikan rasa tanggung jawab yang besar terhadap kaum pesantren untuk kembali mewujudkan kehidupan sosial masyarakat yang aman dan tentram sesuai ajaran Agama.oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul pendidikan pesantren sebagai perubahan sosial masyarakat.
Untuk memperoleh data yang valid dan benar, maka penulis menggunakan pendekatan penelitian yang berupa kualitatif. Dengan pendekatan ini maka penulis mendeskripsikan data yang diperoleh selama penelitian melalui kata, yang sesuai dengan hasil penelitian yang ada dilapangan/lokasi penelitian. Selain itu, untuk memperoleh data yang valid peneliti memilih msyarakat sebagai objek penelitian. Sedangkan informannya adalah para tokoh masyarakat dan para alumni pesantren. Dalam memperoleh data dari objek penelitian, peneliti melakukan pengamatan langsung terhadap objek penelitian, dan jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian field research/studi kasus.
Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti adalah terdapat dua proses dalam perubahan sosial yang terjadi di lokasi penelitian, pertama, para tokoh masyarakat mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan yang bertujuan memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang bagaimana cara menjalani kehidupan sesuai ajaran Agama.Kedua para tokoh masyarakat menerapkan nilai- nilai kehidupan pesantren sebagai bentuk praktek dari apa yang telah di ajarkan dalam kegiatan-kegiatan yang telah diadakan. Adapun faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial masyarakat adalah disebabkan oleh masyarakat itu sendiri dan di sebabkan oleh terjadinya modernisasi. Adapun dampak dari perubahan sosial yang terjadi adalah meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pendidikan, khususnya pendidikan Agama.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *