Skripsi Implementasi Manajemen Konflik Dalam Penyelesaian Masalah Di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Genggong Probolinggo

Mohammd Imron Rosyadi. 2021. Implementasi Manajemen Konflik Dalam Penyelesaian Masalah Di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Genggong Probolinggo.
Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Ilmu Keislaman Zainul Hasan Genggong, Pembimbing: (I) Abdul Hamid, M.Pd.I, (II) Abdul Komar. M.Pd,

Kata Kunci: Implementasi Manajemen Konflik, Penyelesaian Masalah di MTs. Zainul Hasan Genggong, Faktor-Faktor Penyebeb Terjadinya Masalah.

Kata konflik dalam kamus besar bahasa indonesia artinya percekcokan, perselisihan atas pertentangan (departemen pendidikan nasiaonal,2008:723). Pengertian ini menunjukkan konflik sebagai sebuah kondisi atas keadaan terjadinya sebuah peristwa yaitu percekcokan, perselisihan atau pertentangan kata percekcokan itu sendiri memiliki kata dasar cekcok yang artinya bertengkar atau berselisih (Departemen pendidikan Nasional 2008:252). Bertengkar menunjukan keadaan dian dua orang tau dua kelompok orang saling berlawanan dengan menunjukan ia yang benar sedangkan orang lain salah, Kondisi terebut untuk menang.
Tak jauh berbeda dari pertengkaran konflik sering di pahami sebagai suatu hal yang negatif yang mengarah pada pertengkaran atau perselisihan antar individu maupun kelompok pada pengertian ini, konflik di pahami sebagai sebuah perselisihan untuk menang atau kalah, orang lain salah dapat dinilai sebagai orang yang menang dan konflik sebalik nya, seorang yang menhindari knflik dan tidak mampu menunjkan dirinya benar maka di nilai telah kalah dalam konflik.
Penelitian ini didesain dalam bentuk pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, mengambil lokasi penelitian di MTs Zainul Hasan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara mendalam, (2) observasi, (3) dokumentasi.Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) manajemen konflik dalam penyelesaian masalah di MTs Zainul Hasan Genggong yakni: (a) menelusiri penyebab terjadinya konflik; (b)memanggil pihak yang terkait; (c) mewawancarai pihak terkait (d) mencari solususi bersama dengan para pimpinan madrasah .
Pelaksanaan Manajemen konflik dalam penyelesaiaan masalah di MTs Zainul Hasan Genggong, yakni: (a) Kepala sekolah memberikan keputusan (b) Kepala sekolah memberi arahan; (c) Kepala sekolah memberikan solusi kepada tenaga kependidikan dan pendidik (d) semua pihak yang terkait melaksanakan keputusan kepala Madrasah.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *