Skripsi Efektivitas Penggunaan Aplikasi Youtube Sebagai Sarana Siswa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas Ix SMPN 1 Maron Probolinggo

           

Ahmad, Arifbillah. 2021, Efektivitas Penggunaan Aplikasi Youtube Sebagai Sarana Siswa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas IX Smpn 1 Maron Probolinggo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Abu Yazid Adnan Quthny M,H,I (II) Ahmad Humaidi M.Pd.I.

Kata Kunci : Efektivitas Youtube, Sarana siswa Pembelajaran PAI
Era globalisasi telah membawa perkembangan pesat dalam teknologi informasi dan komunikasi, termasuk bidang pendidikan. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang sangat menarik untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran adalah youtube. Efektivitas aplikasi youtube diharapkan menjadi sarana pembelajaran pendidikan agama islam dan diharapkan peserta didik berminat dan memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas youtube sebagai sarana pembelajaran pendidikan agama islam dalam pembelajaran di kelas IX SMP.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1. Bagaimana penerapan pembelajaran melalui aplikasi youtube dikelas IX SMPN 1 Maron 2. Apa akibat yang ditimbulkan dengan pembelajaran melalui aplikasi youtube di kelas IX SMPN 1 Maron.
Tujuan dalam penelituan ini adalah untuk mengetahui efektivitas dan dampak yang ditimbulkan penggunaan aplikasi youtube sebagai sarana pembelajaran pendidikan agama islam di kelas IX SMPN 1 Maron.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Peneliti mengamati secara langsung dengan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Oleh Karena itu menganalisisnya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan video tersebut dapat merangsang kreativitas, minat dan motivasi guru, selain itu melalui media tersebut pengetahuan siswa, penyusunan bahan mengajar, pemilihan materi, cara penyampaian guru mengalami kemajuan. Menggunakan video dari youtube sebagai media secara tidak langsung meningkatkan minat belajar diantara mereka, dalam
hal pencarian ide dan materi sehingga siswa tidak merasa bosan.

 
 

 

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *