Skripsi Analisis Strategi Pemasaran Kerupuk Bawang Pada Saat New Normal

New Normal

           

Riyadi, Ahmad . 2021, Analisis Strategi Pemasaran Kerupuk Bawang Pada Era New Normal ( Studi Kasus Home Industri Indosari Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo). Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Pembimbing (I) Ainol, M.Pd.I, Pembimbing (II) Saifuddin Zuhri, M.E.I

Kata Kunci : Strategi pemasaran, new normal

Penggunaan strategi dalam menjalankan suatu bisnis sangatlah penting, terlebih lagi pada pemasaran yang dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk memperluas jangkauan pemasaran. Disamping mengembangkan pemasaran, penggunaan strategi juga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya kerugian yang disebabkan oleh risiko yang akan dihadapi serta mempertahankan kelangsungan suatu usaha. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran Home Industri Indosari pada saat New Normal , Untuk mengetahui strategi pemasaran Home Industri kerupuk bawang indosari Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo pada saat New normal dalam perspektif islam, dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat strategi pemasaran kerupuk bawang Home Indutri Indosari pada saat New Normal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan produsen, karyawan, dan pedagang kerupuk bawang Home Industri Indosari sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku dan penelitian terdahulu. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan atau verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini yaitu Home Industri Indosari menggunakan staregi pemasaran : keunggulan produk, keunggulan operasional, keintiman pelanggan, segmentasi pasar dan saluran pemasaran. Ditinjau dalam persepektif ekonomi Islam Home Industri Indosari sudah memenuhi prinsip ekonomi Islam karena dari segi keunggulan produk menggunakan bahan baku yang halal dan toyyib baik sehingga jelas manfaat dari produknya, dalam segi keintiman dengan pelanggan Home Industri Indosari tidak membebankan dengan harga jual yang tinggi, juga memberikan hak Khiyar kepada pelanggan Home Industri Indosari. Sedangkan yang menjadi faktor pendukung strategi pemasaran kerupuk bawang yaitu: kemajuan teknologi, pelanggan tetap dan keuntungan yang menjanjikan. Faktor penghambat strategi pemasaran kerupuk bawang Indosari yaitu: keadaan sosial dan pemerintah, belum memiliki sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga, kurangnya promosi, tidak memiliki variasi produk, lokasi yang sama usaha sejenis.

 

 
 

 

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *