Skripsi Analisis Program Keluarga Dalam Mensejahterakan Masyarakat Prespektif Ekonomi Islam

Sulasi, Humairoh. 2021. Analisis Program Keluarga Harapan dalam Mensejahterakan Masyarakat Prespektif Ekonomi Islam” studi kasus keluarga penerima manfaat di Desa Prasi, Kecamatan Gading Kabupaten Probolingg. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Islam Zainul Hasan. Pembimbing 1 Kustiana Arisanti, M.Pd.I Pembimbing 2 Lutfi, S.Sos, M.E

Kata Kunci : Program Keluarga Harapan, Kesejahteraan Masyarakat, Ekonomi Islam

Salah satu kebijakan yang dikembangkan oleh pemerintah adalah program keluarga harapan (PKH) yang mulai sejak tahun 2007 dengan harapan dapat membangun sistem perlindungan sosial kepada masyarakat miskin dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan sosial penduduk miskin sekaligus sebagai upaya memotong rantai kemiskinan yang terjadi selama ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pogram Keluarga Harapan dalam Mensejahterakan Masyarakat perpestik Islam. Metode penelitian ini adalah deskriptif Kualitatif. Obejek penelitian kali ini ialah peserta keluarga Penerima Manfaat (KPM) didesa Prasi. Sumber data yang digunakan adalah data Primer dan Sekunder. Metode analisis data berupa wawancara,observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian bahwa Program Keluarga harapan penelitian ini PKH didesa Prasi Bantuan PKH ini sangat bermanfaat untuk para penerimanya terutama masalah pendidikan. Dalam kegiatan pelaksanaan program kurangnya tanggung jawab secara penuh, maka tidak terwujudnya kemaslahatan para penerima PKH dalam program tersebut. Di desa Prasi masih menjunjung tinggi budaya nepotisme. PKH dalam mensejahterakan masyarakat didesa Prasi di lihat dari nilai-nilai dasar Ekonomi Islam kurang dalam berlaku adil dan bertanggung jawab.
Program Keluarga Harapan PKH dalam mensejahterakan masyarakat Perspektif Ekonomi Islam Kesejahteraan merupakan tujuan dari ajaran Islam dalam bidang ekonomi.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *