Skripsi Peranan Industri Batik Dalam Peningkatan Pendapatan Karyawan

Fatimatus Z, Nur Aini. 2021 Peranan Industri Batik Dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Batik Tulis Dewi Rengganis Jatiurip Krejengan Probolinggo),Skripsi. Program Studi Ekonomi Syari’ah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) H. Imam Bukhori, M. Pd.I. (II) Nururddin Armanto M.E.I

Kata kunci :Industri Batik Tulis , Pendapatan Masyarakat

Probolinggo merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki potensi unggulan dan fungsi di berbagai sektor yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.Salah satu industri industri kecil menengah yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat adalah industri batik tulis.Di Desa Jatiurip Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo memiliki industri batik tulis yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dengan batik tulisnya yang khas dan biasa dikenal Batik Tulis Dewi Rengganis.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peranan Industri Batik Tulis terhadap peningkatan pendapatan masyarakat di Desa Jatiurip Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo.
Jenis penelitian ini adalah desriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan
3) Dokumentasi..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran industri batik tulis dalam meningkatkan pendapatan masyarakat cukup berperan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di desa tersebut yakni sebesar Rp150.000,00- Rp250.000,00 tiap minggunya. Upaya yang dilakukan pemilik industri batik tulis untuk meningkatkan pendapatan pengrajin adalah menambah hasil produksi batik dan memberikan jam kerja yang bebas kepada pengrajin.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *