Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Pendidikan Anak Di Masa Pandemi Covid – 19 Di Desa Menyono Kuripan Probolinggo

Hariyanto, Abul. 2021, Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Pendidikan Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Menyono Kuripan Probolinggo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas islam Zainul Hasan Genggong. Pembimbing (I) Dr. Abd. Aziz, M.Ag. Pembimbing (II) Herawati, M.Pd.I

Kata Kunci : Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Pendidikan Anak Di Masa Pandemi Covid-19.

Anak adalah sebuah harta yang terpenting bagi orang tua, yang diidamkan oleh orang tua dan menjadi kebanggaan bagi mereka. Karena anak akan menjadi penerus yang akan menjadi tumpuan dan harapan kedua orang tua dimasa yang akan datang. Maka tak heran banyak orang tua yang menyekolahkan anak-anak mereka, agar harapan itu tercapai. Dalam keadaan normal anak di didik dilembaga formal yang menyelenggarakan pendidikan, namun disaat Pandemi Covid-19 yang sedang mewabah diindonesia khususnya, mengakibatkan anak harus belajar dari rumah, dan disinilah peran orang tua dalam mendampingi pendidikan anak disaat Pandemi Covid-19 yang akan sangat penting dalam mendampingi proses pendidikannya ditengah pandemi dan memberi dorongan anak agar senantiasa tetap semangat dalam proses pendidikannya. Maka dari itu, peneliti berinisiatif mengangkat judul tentang “Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Pendidikan Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Menyono Kuripan Probolinggo.
Dalam penelitian ini mengunakan metode dengan pendekatan kualitatif yang memiliki karakteristik alami (Natural Setting) sebagai sumber data langsung, deskriptif, proses lebih dipentingkan daripada hasil, analisis dalam penelitian kualitatif cenderung dilakukan secara analisa induktif dan makna merupakan hal yang esensial. Adapun tekhnik pengumpulan data adalah sebagai berikut: 1. Observasi, 2. Wawancara, 3. Dokumentasi.
Pada peran orang tua dalam mendampingi pendidikan anak di masa Pandemi Covid-19 di Desa Menyono Kuripan Probolinggo, peneliti dapat memaparkan bahwa pendampingan orang tua terhadap pendidikan anak dimasa Pandemi Covid-19, sudah mendampingi dengan benar, yaitu Mengontrol waktu anak belajar, Memantau perkembangan kemampuan akademik anak, Memantau perkembangan kepribadian yang mencakup sikap, moral, dan tingkah laku anak, Memantau efektivitas jam belajar, Membuat jadwal kegiatan anak, Mengide kegiatan, dan Komunikasi positif saat memulai, Menyediakan Handphone (Hp) dan kuota internet, menyediakan buku pelajaran dan alat tulis, menciptakan rumah sebagai tempat belajar yang nyaman, memberikan pengetahuan kepada anak, dan menanyakan kesulitan anak saat belajar.Dan juga salah satu anak didesa tersebut, merasa terdampingi dengan nyaman, dan dapat memberlangsungkan proses pendidikannya walaupun suasana Pandemi Covid-19 disaat sekarang ini.

Download PDF

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *