Makalah Ushul Fiqih

Makalah Ushul Fiqih

Makalah Ushul Fiqih

Loading

           
A. Latar Belakang
Dalam latar belakang makalah ini, akan dibahas tentang hukum hakim dan mahkum alaih serta mahkum bih. Hukum hakim dan mahkum alaih serta mahkum bih merujuk pada konsep hukum yang berhubungan dengan hak-hak dan kewajiban hakim dan narapidana dalam sistem peradilan. Hakim merupakan pihak yang bertanggung jawab untuk memutuskan perkara di pengadilan. Mereka memiliki kekuasaan dan kewenangan untuk memberikan keputusan dan menjatuhkan hukuman kepada pelaku kejahatan berdasarkan hukum yang berlaku. Hakim harus menjalankan tugasnya dengan adil, objektif, dan berdasarkan prinsip-prinsip hukum yang berlaku.
Dalam konteks hukum Islam, terdapat istilah “mahkum alaih” yang merujuk pada pelaku kejahatan yang telah terbukti bersalah. Mahkum alaih adalah seseorang yang dihukum oleh hakim karena melakukan tindakan kriminal atau melanggar hukum. Mereka akan menjalani hukuman sesuai dengan keputusan yang dijatuhkan oleh hakim. Selain itu, ada juga istilah “mahkum bih” yang merujuk pada narapidana atau orang yang sedang menjalani hukuman penjara. Narapidana dapat menjadi mahkum bih karena telah melakukan tindakan kriminal dan telah diputuskan bersalah oleh hakim. Mereka akan menjalani masa hukuman penjara sesuai dengan keputusan pengadilan.
Dalam konteks hukum hakim dan mahkum alaih serta mahkum bih, terdapat berbagai aspek yang perlu dipertimbangkan, seperti hak asasi manusia, perlindungan terhadap penyalahgunaan kekuasaan, sistem peradilan yang adil, dan rehabilitasi narapidana. Selain itu, peran hakim dalam menjalankan tugasnya dengan integritas dan keadilan juga sangat penting untuk memastikan kepastian hukum dan perlindungan terhadap hak-hak individu. Dalam makalah ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai hukum hakim dan mahkum alaih serta mahkum bih, termasuk prinsip-prinsip yang mengatur, peran hakim dalam sistem peradilan, serta upaya rehabilitasi narapidana.
B. Rumusan Masalah
1. Apa yang di maksud hukum?
2. Apa yang di maksud hakim?
3. Apa yang di maksud makum alaih dan mahkum bih?
C. Tujuan masalah
1. untuk mengetahui maksud dari hukum
2. untuk mengetahui maksud dari hakim
3. untuk mengetahui maksud dari mahkum alaih dan mahkum bih

 
 

 

Download Word

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *